17 CONTOH TEKS EKSPLANASI : Sosial, Banjir, dan Singkat

Halo sobat, kali ini admin akan memberikan kepada kalian contoh teks ekplanasi sosial. Jika kalian sudah menemukan artikel ini, maka dapat dipastikan kalian sudah mengetahui apa itu teks eksplanasi. Di bawah ini akan admin berikan sebuah contoh teks eksplanasi yang berkaitan dengan sosial, banjir, dan juga fenomena alam. Tetapi, sebelum itu akan admin berikan pengertian dan beberapa ciri teks eksplanasi yang akan membantu kalian untuk lebih mudah memahami teks eksplanasi tersebut.

17 CONTOH TEKS EKSPLANASI  Sosial, Banjir, dan Singkat.png
Bagi Anda yang sangat gemar dengan pelajaran bahasa Indonesia pasti sudah tahu apa teks Eksplanasi itu. Ya, teks Eksplanasi itu adalah teks yang berisi informasi- informasi mengenai proses kenapa dan bagaimana dari sutau topic atau objek mengenai fenomena alam maupun fenomena social yang terjadi di kehidupan sehari- hari. Semua fenomena yang terjadi memiliki hubungan mengenai sebab akibat dan juga memiliki proses terjadinya fenomena tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya jika fenomena tersebut tidak hanya dirasakan saja namun juga di pelajari agar bisa tahu bagaimana fenomena itu terjadi.

Ciri- Ciri Teks Eksplanasi

Semua teks apapun pasti memiliki ciri- ciri dan apabila suatu teks tersebut memiliki ciri- ciri maka akan di anggap sebagai teks yang sempurna. Seperti contoh teks Eksplanasi ini juga memiliki ciri seperti informasi  yang termuat dalam teks berdasarkan pada fakta yang ada, hal yang dibahas pada teks tersebut adalah suau fenomena yang memiliki sifat keilmuan atau yang masih memiliki hubungan mengenai ilmu pengetahuan. Kemudian teks Eksplanasi itu bersifat informative dan sama sekali tidak mempengaruhi para pembaca untuk mempercayai sesuau hal yang dibahas ini. Lalu yang terakhir adalah contoh teks Eksplanasi harus terdiri dari pernyataan yang umum, seperti urutan sebab akibat dan juga interpretasi.

CONTOH TEKS EKSPLANASI

Contoh Teks Eksplanasi 1 : Gempa Bumi (Fenomena Alam)

Pernyataan Umum dari Fenomena Gempa Bumi
Gempa bumi adalah meruapakan getaran ataupun goncangan yang terjadi Karena adanya pergeseran ataupun gerakan dari lapisan bumi yang berasal dari dasar permukaan bumi. Peristiwa alam seperti ini sering terjadi didaerah yang berada pada dekat gunung berapi atupun gunung- gunung yang masih aktif dan pada derah yang dikelilingi oleh lautan yang sangat luas.

Penjelasan Sebab Akibat
Fenomena alam gempa bumi ini di sebabkan adanya pergeseran ataupun gerakan lapisan dari dasar bumi dengan disertai guncangan yang dahsyat. Selain itu gempa bumi ini memberikan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya. Getaran yang terjadi pada gempa bumi ini sangatlah besar hingga merambat ke bagungan- bangunan sehingga meretakkan bangunan dan mengakibatkan banyak korban jiwa.

Dari kawasan kerak itu akan hanyut ataupun mengapuk seperti salju. Dan kemudian, lapisan ini bergerak dengan lamban sehingga bertabrakan satu sama lain. Dan itulah yang menyebabkan mengapa gempa bumi dapat terjadi gempa. Selain itu, gempa vulkanik sendiri di karenakan adanya letusan gunung yang berskala besar.

Interpretasi
Bencana alam gempa bumi dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal musim. Walaupun demikian fenomena gempa bumi ini terjadi pada daerah- daerah tertentu saja. Akan tetapi, tidak ada salahnya apabila waspada juga.


Contoh Teks Eksplanasi 2 : Sampah (Sosial)

Pernyataan Umum dari Fenomena Sampah
Sampah memang sangat mengganggu dan ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Sampah sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni sampah organic dan sampah anorganik. Sampah organic merupakan sampah yang mudah untuk terurai seperti daun- daun, sayuran dan sisa- sisa makanan. Sampah ini dapat diolah dan digunakan sebagai pupuk atau kompas untuk tanaman.
Sampah anorganik adalah sampah yang sama sekali tidak dapa diurai sperti sampah plastic, botol, kaleng dan lain sebagainya. Dan salah satu cara alternative adalah dengan di daur ulang menjadi benda yang dapat memiliki nilai jual.

Penjelasan Sebab Akibat
Sampah memanglah fenomena yang sudah sering dilihat dan mudah sekali dijumpai pada lingkungan masyarakat. Pada awalnya sampah yang berserakan memang sudah bisa dilihat namun sebenarnya sampah ini dapat memberikan efek yang besar bagi lingkungan seperti banjir, tanah longsor dan juga sarang penyakit. Sampah sendiri yang dibiarkan menumpuk akan menyebabkan bau yang tak sedap yang dapat mencemari udara sehingga mengakibatkan pernafasan yang tidak sehat.

Interpretasi
Karena banyaknya dampak yang diakibatkan dari membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu, sebagai warga yang berjiwa social yang tinggi maka membuah sampah pada tempatnya akan membuat sejahtera dan marilah menjaga kebersihan lingkungan. Dengan memulai hal yang kecil seperti membuang sampah organic pada tempat sampah organic dan membuang sampah anorganik pada tempat sampah anorganik.

Nah, demikianlah informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai contoh teks Eksplantasi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.

Add a Comment