Cara Membersihkan/Mencuci Dot Bayi Hingga Bersih dan Steril

Halo, jadi pada kesempatan ini admin akan menjelaskan kepada kalian bagaimana cara membersihkan Dot Bayi dengan baik dan hingga steril. Mencuci dot bayi sangat penting untuk dilakukan karena susu yang diminum oleh bayi dengan menggunakan dot akan masuk ke dalam tubuh. Dilansir dari laman wikipedia, sterilisasi merupakan pemusnahan atau eliminasi semua mikroorganisme, termasuk spora bakteri, yang sangat resisten. Proses sterilisasi sendiri memiliki tujuan untuk membunuh atau menghilangkan mikroorganisme dengan melibatkan aplikasi biocidal agent atau proses fisik.

Pengertian Sterilisasi Botol Bayi

Setelah mengetahui pengertian sterilisasi, dapat disimpulkan sterilisasi botol bayi merupakan pemusnahan atau eliminasi semua mikroorganisme, termasuk spora bakteri, yang sangat resisten pada botol serta peralatan makan bayi. Tujuannya, demi memastikan peralatan makan dan minum bayi bebas dari bakteri yang bisa membuatnya sakit.

cara mencuci dan membersihkan dot bayi hingga steril

Cara Membersihkan/Mencuci Dot Bayi hingga Bersih

Melakukan sterilisasi botol bayi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, salah satunya yang perlu diperhatikan yaitu proses pencucian botol bayi dan peralatan makan bayi. Berdasarkan keterangan dokter Fiona Amelia dari Klikdokter di acara Steril Pintar untuk Mom Cerdas yang diadakan Babyologist dan Spectra, terdapat 5 cara mencuci botol alat makan bayi yang baik dan benar. Apa saja itu? Berikut ulasannya yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

  1. Setelah digunakan segera cuci

Pastikan setelah peralatan makan bayi segera dicuci agar kuman dan bekteri tidak memiliki kesempatan untuk tumbuh. Jika menunggu peralatan makan bayi menumpuk baru dicuci menggunakan sabun khusus beresiko berpeluang kuman dan bakteri masih bisa tumbuh dan menyebabkan penyakit pada dedek bayi.

  1. Keringkan dengan handuk bersih

Setelah dicuci sampai bersih, jangan lupa untuk mengeringkan dengan handuk. Tapi ingat, handuk yang digunakan harus benar-benar bersih. Jika menggunakan handuk yang kotor pastinya membawa kuman dan bakteri berbahaya bagi bayi.

  1. Untuk botol susu, pastikkan nipple tidak robek

Nipple merupakan bagian pada botol susu yang digunakan anak bayi untuk menyedot susu. Nah, bagian ini sangat penting untuk diperhatikan dan sebaiknya segera diganti dengan yang baru jika robek atau benar-benar kotor sampai tidak bisa dibersihkan. Jika bagian nipple dibiarkan robek, beresiko menjadi sarang kuman penyakit dan akan sangat berbahaya bagi bayi.

  1. Sikat bagian lubang nipple

Selain memperhatikan robek atau tidaknya bagian nipple, Anda juga wajib membersihkan bagian lubang nipple dengan cara menyikat bagian lubang nipple sampai benar-benar bersih. Meskipun bagian lubang nipple sangat amat kecil, jangan khawatir karena saat ini alat untuk menyikat bagian ini sudah tersedia di beberapa toko bayi. Jangan sampai lupa bagian ini ya..

  1. Bilas bersih

Setelah semuanya dicuci dan disikat, terakhir bilas hingga bersih menggunakan air yang mengalir. Sesudah itu, lanjutkan dengan melakukan sterilisasi.

Metode Utama Cara Sterilisasi Botol Bayi ( Mencuci / Membersihkan Dot Bayi )

  1. Metode sterilisasi menggunakan mesin steril listrik
  • Waktu sterilisasi 8-12 menit.
  • Hasil sterilisasi bisa bertahan hingga 6 jam jika botol disimpan di dalam wadah tertutup.
  • Dapat mensterilkan 6 botol sekaligus.
  • Dilarang memasukan peralatan yang tidak aman untuk disterilkan seperti Pompa ASI.
  • Harus memiliki akses ke jaringan listrik.
  1. Metode sterilisasi botol susu dengan microwave
  • Waktu sterilisasi 90 detik.
  • Pastikan tutup botol sudah terbuka saat dimasukkan microwave.
  • Bisa menempatkan steamer untuk microwave.
  • Hasil sterilisasi bisa bertahan hingga 3 jam jika botol disimpan di dalam wadah tertutup.
  • Kelebihan metode ini tidak menyisakan bau ataupun rasa.
  • Sangat disarankan botol plastik bayi yang mengandung bisphenol A (BPA) disterilkan di dalam microwave.
  1. Metode merebus botol
  • Masukan botol susu ke dalam panci yang berisi air mendidih selama 5-10 menit lalu bersihkan dengan handuk.
  • Wajib diingat, panci yang digunakan tidak untuk keperluan lain seperti memasak dengan kata lain kamu harus menggunakan panci khusus.

Semoga bermanfaat!