7 Contoh Teks Berita Singkat Sesuai 5W+1H

Contoh teks berita sebenarnya sudah sering sekali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, apalagi untuk kalian yang suka membaca koran dan bermain sosial media. Pada masa sekarang ini teks berita tidak hanya dapat ditemui pada media cetak seperti koran atau majalah saja, tetapi juga pada sosial media yang kita buka setiap hari.

Ketika kalian membuka sosial media seperti twitter, facebook, ataupun instagram, biasanya kalian akan sering kali menemukan info tentang suatu berita yang memang sedang viral saat itu. Penyebaran berita melalui media sosial ini sangat cepat sekali bahkan mengalahkan time update berita yang ada di TV.

Ketika kalian melihat suatu berita terbaru di sosial media, apakah kalian sering kali memperhatikan caption yang ada pada berita tersebut? Yup itu lah yang disebut dengan contoh teks berita. Jika kalian melihatnya lebih teliti, kalian akan menemukan unsur 5W+1H dalam teks yang ada pada berita tersebut.

Tetapi bukan hanya 5W+1H saja yang menjadikan unsur syarat teks tersebut menjadi dapat dikatakan sebuath teks berita, tentu ada hal-hal lain yang menjadi syarat agar suatu teks dapat dikatakan sebagai teks berita.

Selain itu, agar kalian dapat dengan mudah mengetahui apakah suatu teks merupakan teks berita atau bukan yaitu dengan melihat ciri-ciri yang ada pada teks tersebut. Dengan mengetahui ciri-ciri yang dimiliki teks berita, kalian dapat mengetahuinya dengan sangat mudah. Selain hal-hal yang sudah disebutkan diatas, teks berita juga mempunyai struktur teks yang berbeda dengan teks-teks lainnya yang menjadikannya ciri khas dari teks tersebut.

PENGERTIAN TEKS BERITA

pengertian teks beritaPengertian teks berita adalah teks yang berisi tentang segala hal yang terjadi di dunia yang ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Berita berisi fakta, tetapi tidak semua fakta diangkat menjadi berita.

STRUKTUR TEKS BERITA

struktur teks berita

Struktur teks adalah sebuah gambaran bagaimana teks tersebut dapat dibangun. Pada standar kurikulum pelajaran di Indonesia, teks berita memiliki 3 struktur yang membangun teks tersebut menjadi sebuat teks berita yang utuh dan sempurna. Ketiga struktur tersebut diantaranya adalah orientasi berita, diikuti peristiwa, dan yang terakhir adalah sumber berita.

Berikut adalah penjelasan dari ketiga stuktrur teks berita tersebut yang akan dijelaskan secara singkat dan jelas.

Orientasi berita
Orientasi berita adalah bagian pembuka teks berita tentang hal yang akan diberitakan. Bagian ini biasanya berisi pembuka berupa tentang apa, kapan, dan dimana suatu peristiwa telah terjadi.

Peristiwa

Peristiwa adalah tahap inti dalam sebuah berita. Pada tahap ini berita dinarasikan sedemikian rupa sehingga tersaji fakta-fakta yang kemudian muncul dalam teks berita tersebut.

Sumber Berita

Sumber berita adalah bagian dimana sumber informasi berita tersebut dijelaskan. Peletakkan struktur sumber berita ini bersifat ini bersifat fleksibel, artinya bisa berada dibawah, atas, ataupun tengah sebuah berita (ada dalam berita itu sendiri).

SYARAT TEKS BERITA

syarat teks berita

Syarat teks berita adalah faktor-faktor yang harus dipenuhi oleh sebuah teks agar teks tersebut dapat dikatakan sebagai teks berita. Tanpa memenuhi syarat-syarat yang ditentukan, sebuah teks menjadi tidak bisa disebut sebagai teks berita meskipun teks tersebut telah memenuhi struktur yang harus ada dalam teks berita, hal itu karena syarat-syarat ini sangatlah penting untuk dalam dalam teks berita.

Lalu apa saja saja syarat tersebut, akan dijelaskan dibawah ini secara rinci.

Fakta (Faktual)

Fakta yang dimaksud disini adalah sesuai dengan kejadian yang sebenarnya dan bukan rekayasa belaka. Jika berita tidak berisi fakta maka teks tersebut tidak dapat dikatakan sebagai teks berita.

Aktual

Teks berita harus yang masih hangat atau baru. Aktual berarti baru saja terjadi (up to date) dan bukan peristiwa yang sudah lama terjadi.

Seimbang

Teks berita tidak boleh memihak kepada siapapun. Artinya harus seimbang seperti yang tertera pada pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Lengkap

Teks berita harus mengandung unsur 5W+1H (What, Why, Who, When, Where, dan How) dan harus memenuhi unsur atau struktur teks berita

Menarik

Judul dari sebuah teks tersebut haruslah menarik untuk pembaca. Dengan judul yang menarik orang akan lebih tertarik untuk membaca berita.

Sistematis

Sebuah teks yang berisi harus berurutan sesuai dengan peristiwa yang terjadi (sistematis) dan tidak boleh mengacak urutan peristiwa.

CIRI TEKS BERITA

ciri teks berita

Setelah admin mempelajari teks berita pada saat masih sekolah dulu, ternyata sebuah teks yang dikatakan berita pada umumnya memiliki 7 ciri yang menjadikan sebuah ciri khas dari sebuah teks berita. Berikut adalah ciri-ciri teks berita.

  1. Menarik.
  2. Terkini dan masih hangat (aktual).
  3. Dipercaya masyarakat (terfaktual).
  4. Diterima oleh masyarakat.
  5. Jelas.
  6. Kalimatnya sederhana.
  7. Sesegera mungkin disampaikan kepada publik.

KAIDAH KEBAHASAAN TEKS BERITA

Setelah diatas kita membahas ciri berita, selanjutnya yang akan kita bahas adalah kaidah kebahasaan teks berita. Kaidah kebahasaan merupakan kaidah-kaidah yang bahasa yang digunakan pada teks berita, kaidah kebahasaan ini juga bisa digunakan sebagai ciri untuk kita mengetahui apakah teks tersebut merupakan teks berita atau bukan. Karena dalam berita itu memiliki bahasa tersendiri yang digunakan yang berbeda dengan teks-teks lainnya.

Berikut adalah kaidah kebahasaan yang ada pada teks berita.

  1. Adanya keterangan.
  2. Verba Transitif (baca juga: pengertian dan contoh verba transitif).
  3. Verba pewarta (baca juga : pengertian dan contoh verba pewarta).

(Langkah) CARA MEMBUAT TEKS BERITA YANG BAIK DAN BENAR

Dalam mebuat sebuah teks berita yang baik dan benar, terlebih dahulu kita harus mengetahui berita apa yang akan kita buat untuk menjadi sebuah teks berita. Selain itu kalian juga harus paham apa itu teks berita, ciri-ciri, ataupun struktur dari teks berita.

Hal yang paling penting dari teks berita yaitu harus mengandung unsur 5W+1H. Yang dimaksud disini adalah misal ketika sebuah teks berita menyebutkan “dimana” lokasi kejadian perkara dalam suatu peristiwa yang terjadi, itu berarti teks tersebut sudah mengandung satu unsur Where yang berarti dimana.

Berikut adalah contoh pertanyaan 5W+1H pada teks berita yang jawabannya harus ada pada teks berita tersebut.

Who (Siapa) : “Siapa yang menjadi pelaku kejadian tersebut?”

Why (Mengapa) : “Mengapa polisi menahan orang tersebut?” atau “mengapa hal itu dilakukan?”

What (Apa) : “Peristiwa apa yang terjadi?”

When (Kapan) : “Kapan peristiwa itu terjadi?”

Where (Dimana) : “Dimana peristiwa itu terjadi?”

How (Bagaimana) : “Bagaimana peristiwa itu dapat terjadi?”

Sebuah teks berita yang baik dan benar setidaknya harus mengandung jawaban dari keenam pertanyaan diatas (atau yang sejenis 5W+1H) agar teks tersebut menjadi berita yang utuh dan sempurna.

Lalu setelah kita membahas semua materi diatas, kali ini kita akan melihat beberapa contoh teks berita yang memenuhi kesemua unsur yang telah dijelaskan diatas yang terdiri dari berbagai tema seperti pendidikan, politik, kecelakaan, kebakaran, dan juga bencana alam.

KUMPULAN CONTOH TEKS BERITA TERBARU (5W+1H)

Berikut ini akan admin berikan contoh-contoh teks berita terbaru yang baik dan benar dan juga mengandung unsur 5W+1H. Semoga dengan adanya beberapa contoh ini bisa membuat kalian yang masih bingung menjadi lebih memahami apa yang dimaksud teks berita dan seperti apa bentuk contohnya.

CONTOH TEKS BERITA SINGKAT TENTANG KEBAKARAN

Kebakaran Dayah Samahani Musnahkan 12 Ruang Belajar

Kebakaran Dayah Nurul Hikmah di Desa Leupueng Cut Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar menghanguskan 12 ruang belajar milik lembaga pendidikan keagamaan tersebut.

Laporan yang dipublish Pusdalops PB BPBD Aceh Besar menyebutkan, dayah yang berlokasi di Leupueng Cut itu dipimpin Ustaz M Saleh (70). Kejadiannya pukul 17.05 WIB.

BPBD Aceh Besar mengerahkan 8 unit armada pemadam dari Pos Sibreh ke lokasi kejadian. Api berhasil dikuasai pukul 18.15 WIB.

Bangunan dayah yang berlokasi tidak jauh dari pinggiran Jalan Nasional Banda Aceh-Medan itu berkonstruksi dua lantai. Yang terbakar sebanyak 12 ruang kelas belajar, enam ruang di lantai atas dan enam ruang di lantai bawah.

Kerugian akibat kebakaran masih dalam pendataan sedangkan penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik, namun untuk penyebab pasti masih dalam pengusutan pihak kepolisian.

Tim yang terlibat dalam penanggulangan kebakaran tersebut dari TNI/Polri, relawan RAPI, dan masyarakat setempat. (*)

 

CONTOH TEKS BERITA SINGKAT TENTANG KECELAKAAN

Wanita di Sidoarjo Tewas Terpental dari Motor dan Terlindas Truk

Patroli, Jawa Timur – Ditemani keluarga dan kerabatnya, Heni Cahyani tak henti-hentinya menangisi kepergian Julaikah, temannya yang tewas akibat kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya By Pass Lingkar Barat, Sidoarjo, Jawa Timur.

Seperti yang ditayangkan Patroli Siang, Rabu (19/7/2017), kejadiannya bermula ketika Heni dan Julaikah berboncengan menggunakan sepeda motor matik dari Sidoarjo menuju Surabaya. Diduga karena tersenggol truk gandeng yang melintas, Heni tak mampu mengendalikan motor dan menabrak pembatas jalan.

Nahas bagi Julaikah yang duduk di bangku belakang. Dia terpelanting dan tewas setelah terlindas ban belakang truk

Korban langsung dilarikan ke RSUD Kabupaten Sidoarjo, sedangkan sopir dan truk gandengnya diamankan di Mapolresta Sidoarjo untuk penyelidikan lebih lanjut.

 

CONTOH TEKS BERITA SINGKAT TENTANG BENCANA ALAM

Longsor Kembali Hantui Warga Garut

Sejumlah titik longsor bermunculan di Kabupaten Garut Jawa Barat usai hujan melanda di daerah itu selama hampir sepekan.

Di Kampung Cigedogan Desa Mekarjaya Garut misalnya, tebing setinggi 10 meter dilaporkan ambruk dan menutup akses transportasi dari Kecamatan Bungbulang menuju Kecamatan Caringin.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun material berupa tanah dan batuan setebal tiga meter menutupi akses jalan sepanjang 10 meter.

“Kami bersama warga sedang mengupayakan agar kendaraan roda dua bisa lewat jalur tersebut, sambil menunggu alat berat dari Provinsi Jabar,” ujar Camat Bungbulang Heri Hermawan, Senin, 29 Mei 2017.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Imat menambahkan bencana longsor juga menimpa akses transportasi di jalur Kecamatan Cikajang. Di mana ada tiga kecamatan, yakni Banjarwangi, Singajaya dan Peundeuy yang kini terputus.

“Masyarakat masih berupaya membersihkan material tanah yang menutupi badan jalan,” ujarnya.

 

CONTOH TEKS BERITA SINGKAT TENTANG BANJIR

Banjir Terjang Bangka Belitung, Arus Lalu Lintas Tersendat

Banjir melanda puluhan rumah di Desa Delas, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Banjir juga mengakibatkan arus lalu lintas tersendat.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Kamis (18/7/2017), sedikitnya 47 unit rumah warga terendam akibat alur sungai meluap setelah hujan deras.

Banjir yang berasal dari alur sungai ini meluber cukup deras menerjang puluhan rumah warga di sekitarnya dengan kedalaman air mencapai 80 sentimeter.

Banjir membuat arus lalu lintas tersendat. Melihat kondisi ini pihak kepolisian dibantu warga sekitar membuat barikade untuk menuntun kendaraan yang melintas agar tidak terjebak di tengah kubangan air.

 

CONTOH TEKS BERITA SINGKAT TENTANG POLITIK

Fraksi-fraksi DPR Debat soal Waktu Voting RUU Pemilu

Jakarta – Sepuluh fraksi di DPR menyampaikan sikap terkait waktu pengambilan keputusan terkait pembahasan RUU Pemilu. Debat tak dapat dihindari.

Pimpinan DPR, Fadli Zon, menyebut hasil lobi mengerucutkan dua paket isu RUU Pemilu, yakni paket A atau B. Fadli lalu meminta persetujuan waktu voting. Apakah malam ini atau Senin depan.

PDIP, Golkar, PKB, PPP, NasDem, dan Hanura sepakat voting malam ini. Sisanya, Gerindra, PKS, dan PAN meminta perpanjangan lobi. Sementara itu, Demokrat siap voting malam ini namun tak tanggung jawab soal isu PT.

“Kami siap mengambil keputusan malam hari ini namun kalau ada PT kami tak ikut bertanggung jawab,” kata Didik Mukrianto.

PAN lalu mengatakan siap voting malam ini. Namun, mereka minta diberi kesempatan menyampaikan beberapa hal.

“Kalau misalkan tadi sudah menginventarisir mayoritas fraksi meminta hari ini tak masalah. Izinkan menyampaikan beberapa hal sebelum keputusan dilaksanakan,” sebut Yandri.

Fadli lalu mendapat hujan interupsi baik dari anggota maupun penonton di balkon. Fadli pusing.

“Wartawan catat pimpinannya nggak tegas,” teriak penonton.

“Bentar, ini banyak sekali yang interupsi,” ujar Fadli.
(gbr/erd)

CONTOH TEKS BERITA SINGKAT TENTANG OLAHRAGA

Terjun ke Balap Sepeda, M. Fadli Tetap Jadi Instruktur Balap Motor

Jakarta – Muhammad Fadli akan turun di Asian Paracycling Championship. Meski sudah terjun ke dunia balap sepeda, Fadli disebut tetap memprioritaskan pekerjaannya sebagai instruktur balap motor.

Fadli akan mewakili Indonesia di nomor Individual Time Trial kategori C4 pada Kejuaraan Asia Para-Cycling, 24 Februari-3 Maret mendatang, di Bahrain. Itu menjadi ajang pertamanya setelah banting setir dari dunia balap motor. Fadli juga menjadi wakil Indonesia pertama di level Asia.

Anggono Iriawan, Senior Manager Safety Riding dan Motorsport PT Astra Honda Motor, menyatakan dukungannya untuk Fadli. Anggono juga mengatakan bahwa Fadli sudah berkomunikasi dengannya terkait partisipasi dalam kejuaraan di Bahrain.

“Kalau izin, dia sudah bilang kepada kami bulan kemarin untuk ke Bahrain. Tapi dia bilang, prioritas pertama dia tetaplah jadi instruktur balap di Astra Honda karena di luar itu dia juga masih punya sekolah racing miliknya sendiri. Jadi jika waktu tidak benturan dan merepotkan ya tidak apa-apa,” kata Anggono saat dihubungi detikSport, Jumat (10/2/2017).

Anggono menambahkan, sejak menjadi pebalap Honda pada 2014, Fadli memang merupakan sosok berkarakter. Menurutnya, Fadli memiliki mental kuat dan terkenal supel. Tak hanya itu, Fadli juga cukup dihormati, bukan hanya oleh pebalap-pebalap seangkatannya, tetapi juga oleh para juniornya.

“Fadli ini termasuk rider top Indonesia, itu yang pertama. Memang sangat disayangkan waktu kejadian itu terjadi, padahal saat itu dia sedang di top performance-nya kelas 600cc,” ujar Anggono.

“Dia juga punya mental yang kuat, supel, dan kami melihat apa yang dicita-citakan Fadli memang belum kesampaian. Makanya, kami harap apa yang dimimpikan Fadli bisa tertular ke juniornya. Jadi memang secara figur Fadli di-respect dengan pebalap seangkatan dia, apalagi yang di bawahnya.

“Harapan saya Fadli bisa berprestasi karena ini kali pertama dan langsung main di Kejuaraan Asia. Saya rasa dari PB ISSI menunjuk dia karena ada data, bukan hanya mengirim karena bekas pebalap. Yang pasti dia akan melakukan yang terbaik. Kalau juara tentu kami alhamdullilah,” katanya.

CONTOH TEKS BERITA SINGKAT TENTANG PENDIDIKAN

Mahasiswa Autis Di-Bully, Kampus Wajib Miliki Unit Pelayanan Khusus Disabilitas

JAKARTA – Kasus bullying yang dialami seorang mahasiswa Autis di Universitas Gunadarma, Jakarta menyita perhatian publik terkait pelayanan kampus.

Anggota Komisi VIII DPR RI, Maman Imanulhaq menyebut perguruan tinggi di Indonesia wajib memiliki unit pelayanan bagi kaum disabilitas untuk mencegah bullying kembali terjadi.

“Di Indonesia cuma 3 yang baru menerapkan undang-undang tersebut. Yakni universitas Brawijaya, UI (Universitas Indonesia) dan UGM (Universitas Gadjah Mada). Yang lain belum,” kata Maman di Kantor Okezone, baru-baru ini.

Kasus bullying di Universitas Gunadarma, kata dia, menjadi salah satu bukti berapa sulitnya implementasi setiap undang-undang yang telah dirancang oleh DPR. Jika undang-undang yang disahkan namun tidak dijalankan, maka hanya akan jadi omong kosong belaka. Ia pun meminta seluruh institusi terkait untuk berkoordinasi menyelesaikan masalah ini.

“Kemudian kita ini bisa bangun koordinasi antar institusi. Di sini memang ada Kementerian Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, juga kepolisian (untuk menyelesaikan kasus bullying),” jelasnya.

Sebelumnya, mahasiswa Gunadarma bernama Muhamad Farhan menjadi korban bullying teman-temanya dan menjadi video viral di media sosial. Akibat perlakuan tersebut, korban mengalami trauma berat. Sebab hal itu ia rasakan sejak awal masuk kuliah.

13 pelaku bullying kepada Farhan akhirnya diberi sanksi oleh pihak kampus. Keputusan tersebut dibacakan oleh Wakil Rektor III Universitas Gunadarma, Irwan Bastian. Ke-13 pelaku bullying tersebut dihukum sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.

Tiga mahasiswa dengan pelanggaran berat yakni AA, YLL, dan HN dikenakan skorsing 12 bulan. Satu orang berinisial PDP diskorsing selama enam bulan karena terlibat dalam video tersebut sambil berteriak-teriak. Sedangkan sembilan orang lainnya diberikan peringatan tertulis karena terlihat dalam video melakukan pembiaran.

 

No Responses

Add a Comment