(Perbedaan) Pengertian Organisasi Resmi dan Tidak Resmi dan Contohnya

Organisasi resmi dan organisasi resmi adalah materi pelajaran yang akan kita bahas kali ini. Materi tentang organisasi ini biasanya akan kalian dapatkan ketika kalian sedang berada di bangku sekolah SMP. Adapun yang akan kita bahas kali ini adalah seputar pengertian organisasi resmi dan tidak resmi lengkap juga beserta contohnya agar dapat lebih dipahami bersama. Pengetahuan tentang organisasi ini sangat penting karena organisasi bisa sangat bermanfaat untuk kalian ke depannya nanti. Begitu juga dengan info perbedaan tentang organisasi resmi dan tidak resmi ini.

Organisasi

Organisasi adalah sebuah kumpulan dari dua orang atau lebih yang memiliki struktur didalamnya yang dibuat untuk mencapai tujuan bersama dari anggota organisasi tersebut. Sebuah organisasi haruslah memiliki struktur dan juga pemimpin yang bisa memanage dan mengatur organisasi tersebut agar bisa mencapat tujuan bersama dari seluruh anggota. Setiap struktur dari organisasi memiliki tugasnya masing masing yang bisa membantu organisasi mencapai tujuan.

contoh organisasi resmi dan tidak resmi

 

Organisasi Resmi

Organisasi resmi adalah organisasi yang sudah terdaftar di lembaga pemerintah atau memang dibentuk oleh pemerintah. Meskipun begitu, organisasi resmi ini biasanya langsung dibuat oleh pemerintah meskipun ada juga yang tidak dibuat pemerintah, tetapi menjadi resmi hanya karena ada kaitannya dengan pemerintah.

Contoh Organisasi Resmi

  1. Gerakan Pramuka Indonesia.
  2. PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Rakyat Indonesia).
  3. IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).
  4. PMI (Palang Merah Indonesia).
  5. Perhimpunan Pelajar Indonesia.

Organisasi Tidak Resmi

Organisasi tidak resmi adalah organisasi yang tidak dibuat atau tidak terdaftar di data pemerintah. Organisai tidak resmi hanya berdiri tanpa adanya surat terdaftar pemerintah sehingga dinamakan organisasi tidak resmi. Meskipun begitu organisasi ini tetap sah-sah saja untuk tetap berdiri asalkan tidak menyalahi aturan negara.

Contoh Organisasi Tidak Resmi

  1. Klub olahraga sekolahan.
  2. Klub Motor (ada beberapa yg resmi).
  3. Organisasi yang terbentuk karena hobi.
  4. Dll.

One Response

Add a Comment