Rangkuman Struktur Atom Lengkap

Struktur atom adalah materi pelajaran kimia yang akan kita bahas kali ini. Disini kita akan membahas seputar pengertian struktur atom, partikel penyusun atom, cara mengetahui nomor atom dan nomor massanya, lalu juga beberapa penjelasan singkat tentang isotop, isoton, dan isobar, lalu massa atom dan molekul relatif, konfigurasi elektron, serta perkembangan dari teori atom. Jadi langsung kita simak saja materi rangkumannya berikut ini.

Menurut teori Dalton tahun 1803, menyatakan bahwa atom adalah  bagain yang terkecil dari materi. Atom sendiri merupakan partikel kecil yang memiliki sifat unsur. Atom dibagi menjadi 3 partikel penyusun yaitu elektron, neutron serta proton. Para ahli fisika berpendapat bahwa satu atom memiliki jari-jari sekitar 3-15 nm. Namun, sampai sekarang pun masih belum ditemukan adanya alat yang mampu untuk mengambarkan bentuk atom. Untuk anda yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai struktur atom, maka baca terus artikel ini.

Pelajaran kimia yang terkait dengan atom memang diharuskan paham. Baik untuk pemahaman mengenai partikel penyusun atom sampai dengan model atom. Hal ini sangat berguna sebagai ilmu dasar kedepannya dalam memahami atom. Perkembangan ilmu pengetahuan jelas bergerak dengan sangat cepat. Karena itu, langkah baik bagi anda untuk mempelajari atom dengan lebih dalam. Tertarik untuk mengetahui lengkap tentang bab atom? Simak ulasan lebih jelasnya mengenai struktur atom dibawah ini.

Penjelasan Lengkap Struktur Atom

Terdapat beberapa struktur atom karbon yang harus di pahami mengenai atom. Hal ini berguna untuk memahami lebih dalam tentang atom.

Partikel Penyusun Atom

Perlu diketahui bahwa terdapat partikel penyusun atom yang berguna dalam pembentukannya. Apa saja partikel tersebut?

elektron, proton, dan neutron

  1. Elektron : Merupakan partikel subatom dengan muatan negatif yang ditemukan oleh Joseph John Thomson tahun 1897. Ia membuktikan bahwa sinar katode adalah partikel  yang dinamakan elektron.
  2. Proton : Pada tahun 1886, yang merupakan seorang fisikawan menemukan partikel subatom yang bermuatan positif.
  3. Neutron : James Chadwick menemukan pada tahun 1932 menemukan partikel yang tidak bermuatan. Partikel ini kemudian di kenal dengan sebutan neutron.

Nomor atom serta nomor massa

nomor atom serat nomor massa

Atom pada unsur yang berbeda memiliki nomor atom serta nomor masa berbeda. Perlu di pahami bahwa nomor dari atom dilihat melalui jumlah proton yang ada. Sedangkan untuk nomor massa dilihat pada jumlah proton serta neutron dari atom.

Isotop, isobar Serta Isoton

isotop, isobar, dan isoton

Memahami struktur dari atom juga harus paham betul apa saja atom-atom yang ada.

  1. Isotop : Merupakan atom yang memiiki nomor atom sama, namun massa atomnya berbeda.  Atom memiliki nomor atom yang berfungsi sebagai identitias.
  2. Isobar : Isobar adalah atom yang memiliki nomor atom berbeda namun massa dari atomnya sama.
  3. Isoton : Atom-atom yang memiliki jumlah neutron yang sama pada unsur yang berbeda-beda.

Massa atom dan molekul relatif

Tentu, setiap atom memiliki masa yang berbeda tergantung pada partikel dari penyusunnya. Karena ini, untuk membandingkan massa atom dapat menggunakan standarisasi berupa massa 1 atom C-12(=1 sma). Berikut rumus massa atom serta molekul relatif.

Mr ( unsur) = massa molekul unsur
                        1  x massa atom karbon – 12
                        2

Mr( senyawa) = massa molekul senyawa
                             1 x massa atom karbon – 12
                             2

Konfigurasi elektron

konfigurasi elektron

Atom tersusun terhadap beebrapa partikel baik berupa elektron,proton maupun neutron. Dalam penyebarannya, tentu membentuk lapisan yang disebut kulir atom. Penyebaran tersebut diketahui berdasarkan konfigurasi elektron pada atom. Konfigurasi tersebut menggambarkan penyebaran elektron dalam atom.

Perkembangan dari teori atom

perkembangan dari teori atom

Model dari atom sendiri terus mengalami perkembangan dengan banyaknya penelitian. Hal ini tentu dikuatkan karena adanya fakta dan eksperimen yang dihasilkan. Adapun perkembangan model atom meliputi :

  • Model Dalton
  • Model Thomson
  • Model Rutherford
  • Model Bohr
  • Model Mekanika Kuantum

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai struktur atom. Pemahaman mengenai materi ini harus terus dilakukan untuk kemajuan dalam berbagai macam kebutuhannya. Semoga artikel ini bermanfaat !