RESENSI ~ Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan dan Manfaat

Halo semua, jadi Resensi adalah materi Bahasa Indonesia kelas XI SMA yang akan kita bahasa kali ini. Resensi ini biasa kita temui dalam sebuah ulasan ataupun review yang dibuat oleh seseorang dan biasa termuat dalam sebuah buku, majalah, ataupun sebuah website. Resensi biasa dibuat untuk menilai dan mengulas berbagai macam hal, seperti misalnya resensi buku, novel (fiksi & non fiksi), film (fiksi & non fiksi), drama korea, ataupun lain sebagainya.

 

Adapun yang akan dibahas pada materi Resensi kali ini, yaitu dimulai dari pengertian resensi, unsur-unsur resensi, jenis resensi, tujuan resensi, dan manfaat resensi. Nah sekarang tanpa panjang lebar lagi mari kita langsung simak saja materi nya berikut ini.

Resensi (Pengertian, Unsur, Jenis, Tujuan dan Manfaat)

Pengertian Resensi

Resensi adalah sebuah penilaian yang diberikan terhadap suatu karya sastra seperti buku, film, atau bahkan drama. Itulah pengertian singkat resensi. Jadi, jika kalian melihat sebuah ulasan atau review terhadap suatu karya sastra, bisa jadi itulah salah satu contoh kecil resensi. Tapi, dalam sebuah resensi, kalian tidak bisa hanya memberikan ulasan positifnya saja, atau hanya ulasan negatifnya saja. Sebuah resensi harus dilengkapi dengan ulasan yang seimbang antara kelebihan dan kekurangan dari karya sastra yang dinilai.

Unsur-Unsur Resensi

Sebuah resensi tentu saja memiliki unsur-unsur yang harus terkandung didalamnya agar sebuah teks bisa disebut sebagai resensi. Terdapat beberapa unsur yang harus ada dalam sebuah resensi sehingga bisa disebut resensi yang utuh. Lalu apa saja unsur-unsur tersebut? Berikut unsur-unsur tersebut.

  1. Judul Resensi

Unsur yang pertama adalah judul. Sebuah resensi harus memiliki judul, tentunya judul dan isi resensi harus saling berkaitan dan bereksinambungan. Judul juga harus menarik, resensi tidak akan menarik pembaca jika judulnya saja membosankan.

  1. Menyusun Data Buku

Selanjutnya bisa sebuah susunan data dari buku yang dinilai. Berikut menyusun data buku :

  1. Judul buku;
  2. Pengarang;
  3. Penerbit;
  4. Tahun terbit serta cetakannya;
  5. Dimensi buku;
  6. Harga buku;
  1. Isi Resensi Buku

Pada bagian ini, maka ditulislah inti gagasan utama atau isi utama dari ulasan yang ingin disampaikan. Biasa ditulis sinopsis, kelebihan dan kelemahan dan bahasa yang digunakannya.

  1. Penutup Resensi Buku

Dan pada bagian terakhir ini biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan ditujukan ke siapa.

Jenis-Jenis Resensi

Secara teori, resensi terbagi menjadi 3 jenis resensi, yaitu sebagai berikut :

  1. Informatif. Jenis resensi yang disampaikan secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.
  1. Deskriptif. Jenis resensi yang membahas detail setiap bab atau bagiannya.
  1. Kritis. Jenis resensi yang mengulas semua detail buku dengan metodologi dan ilmu pengetahuan tertentu dan biasanya isi resensi sangat objektif dan kritis.

Tapi, tidak menutup kemungkinan ketiga jenis resensi di atas diterapkan secara bersama-sama karena memang aturannya tidak baku.

Tujuan Resensi

Berikut beberapa tujuan resensi.

  1. Mengetahui kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi.
  2. Memberikan penilaian umum dan gambaran kepada calon pembaca dari sebuah karya secara ringkas.
  3. Memberikan masukan, saran dan kritik kepada penulis terhadap isi dan cara penulisan buku.
  4. Mengetahui latar belakang dan alasan mengapa buku tersebut diterbitkan.
  5. Menguji kualitas sebuah buku dan membandingkannya dengan karya yang lain.

Manfaat Resensi

Dan materi terakhir pada artikel tentang resensi kali ini adalah tentang manfaat resensi. Berikut beberapa manfaat resensi.

  1. Sebagai Bahan Pertimbangan. Calon pembaca bisa mengetahui gambaran umum sebuah buku terlebih dahulu dan bisa mempertimbangkannya apakah akan dibaca atau tidak.
  1. Sarana Promosi Buku. Biasanya, buku baru yang belum pernah diresensi akan diresensi sehingga bisa menarik perhatian calon pembaca dan bisa dijadikan sebagai sarana promosi.
  1. Pengembangan Kreativitas Dalam Menulis. Secara tidak langsung, semakin sering kita menulis termasuk menulis resensi, maka semakin terasah kemampuan kita dan kreativitas kita dalam menulis.
  1. Nilai Ekonomis. Dan manfaat terakhr meresensi buku adalah, biasanya orang yang meresensi akan diberikan sebuah imbalan atau uang.