SISTEM PERIODIK UNSUR : Tabel, Format, dan Sifat-Sifat dalam Sistem Periodik Unsur

Hai semua, jadi kali ini admin akan memberikan materi Kimia dasar yaitu Sistem Periodik. Ada banyak hal yg akan kita bahas di materi kali ini, yaitu diantaranya admin akan memberikan kalian sebuah gambar tabel sistem periodik unsur, menjelaskan bagaimana format tabel periodik, dan juga 6 sifat dalam sistem periodik unsur yang saya ringkas secara mudah agar dapat lebih mudah kalian pahami.

Sistem Periodik

Kurang lebih, terdapat 118 unsur alami maupun buatan yang kerap kali di jumpai dalam sehari-hari. Namun, untuk menyebutkannya secara satu persatu tentu sangatlah menyulitkan. Karena itu, alangkah baiknya anda dapat mempelajari lebih dalam mengenai pengelompokannya. Pengelompokan ini biasa di sebut dengan sistem periodik usur. Unsur-unsur kimia tersebut di kelompokan agar lebih mudah dalam penggunaanya. Tertarik mengetahui lebih jauh tentang materi sistem periodik unsur? Artikel ini membahas lebih jauh mengenai sistem periodik.

Para ahli selalu berupaya untuk mengelompokan unsur kimia. Hal ini disebabkan karena banyaknya unsur kimia. Saat ini, pengelompokan dilakukan dengan melakukan perbandingan sifat-sifat unsur. Dasar utamanya yaitu kemiripan dari sifat, lalu kenaikan pada massa atom serta kenaikan nomor atom. Pengelompokan ini dilakukan secara langsung oleh para ahli kimia di era dahulu. Sampai saat ini, terdapat sistem periodik modern yang dipakai. Baca terus artikel mengenai sistem periodik dengan lebih lengkap.

Tabel Sistem Periodik Unsur

Sebelum memahami dari sifat-sifatnya, maka anda harus tahu terlebih dahulu mengenai tabel pada sistem periodik unsur lengkap. Berikut ini merupakan format tabel periodik unsur modern yang digunakan sampai sekarang.

TABEL sistem periodik

Format tabel periodik

Setelah memahami gambaran mengenai tabel periodik, alangkah baiknya memahami pula tentang format dari tabel periodik tersebut. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

  1. Setiap unsur terdapat pada satu kotak berisikan nomor dari atom, lambang unsur, serta nomor massa. Kotak berurutan dari kini ke kanan berdasarkan pada kenaikan nomor atom tersebut.
  2. Kotak tersusun membentuk periode dan golongan. Setiap periode di berikan nomor 1 sampai dengan 7. Untuk golongan sendiri terdapat nomor 1 sampai 8. Namun, untuk tabel diatas menggunakan sistem periodek modern dimana untuk nomor golongan mencapai 18.
  3. Unsur pada golongan 1A-8A merupakan unsur utama. Sedangkan unsur golongan 1B-8B merupakan unsur logam transisi. Lanthanida dan aktinida yang merupakan dua deret unsur di bagian bawah merupakan unsur logam transisi dalam.

Sifat-Sifat Dalam Sistem Periodik Unsur

Pada sistem sistem periodik, ada beberapa unsur yang juga berpengaruh untuk pengelompokannya. Atau bisa juga dibilang bahwa sistem periodik terbagi menjadi beberapa kelompok tergantung unsut yang terkandung didalamnya. Berikut lebih jelasnya sifat sifat periodik unsur.

1. Sifat logam
Unsur logam sendiri memiliki sifat berupa konduktor panas yang baik, dapat di tempa serta memiliki titik leleh tinggi dan melepaskan elektron pada unsur non logam. Sifat logam akan semakin berkurang dari kiri ke kenan serta bawah ke atas dalam sistem periodik unsur.

sifat logam

2. Jari jari atom
Jari-jari pada atom merupakan setengah dari jarak dua intri dari dua atom logam sejajar. Artinya, pada satu golongan, atas ke bawah jari atom cenderung membesar. Pada 1 periode, kiri ke kanan maka jari-jari atom lebih mengecil. Hal ini sebagaimana pada pertambahan muatan inti efektif.

3. Energi ionisasi
Merupakan energi yang dibutuhkan pada sebuah atom untuk fase gas pelepasan elektronnya. Termasuk pada satu golongan dari atas ke bawah, cenderung mengecil. Sedangkan dari kiri ke kanan ionisasi cenderung membesar. Sebagaimana tarikan dalam inti bertambah.

4. Jari-jari Ion
Ialah jari-jari pada kation yang dihitung dari jarak dua inti kation dengan anion dalam kristal ionik. Terbentuknya dari adanya pelepasan elektron pada kulit terluar atom netral. Karena itu, tolakan antar elektron menjadi berkurang. Berikut untuk menghitung jari-jari ion.

jari-jari ion

5. Afinitas elektron
Ialah kuantitias dari perubahan energi menjadi atom dalam menerima elektron. Perubahan energi bertanda positif, akan terjadi penyerapan energi. Sedangkan pertanda negatif akan mengeluarkan energi. Berikut tabel dari afinitas elektron yang dapat dipahami.

afinitas elektron

6. Elektronegativitas
Adalah kemampuan dari pada suatu atom untuk molekul agar dapat menarik elektron. Besarnya elektronegativitas ini akan berpengaruh dalam penarikan elektron. Kareanya, semakin besar elektronegativitas semakin mudah menariknya. Berikut tabel dari elektronegativitas.

elektronegativitas

Usai sudah pembahasan lengkap mengenai sistem periodik dan sifatnya. Dalam memahami materi ini, alangkah baiknya untuk dipelajari dengan seksama. Pastikan jika memiliki waktu luang kalian mempelajari materik tentang sistem periodik ini agar kalian bisa menjadi lebih paham.

Klik (X) untuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×