Biografi Pahlawan Abdul Haris Nasution

Kali ini kita akan membahas biografi Abdul Haris Nasution. Abdul Haris Nasution merupakan salah satu tokoh yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia. Selain Abdul Haris Nasution, masih banyak juga tokoh pahlawan yang memperjuangkan dan mempertahankan keutuhan negara.

abdul haris nasution
abdul haris nasution

Abdul Haris Nasution lahir pada tanggal 3 Desember 1918 di Huta Pungut, kota Nopan, Tapanuli Selatan. Setelah tamat dari HIS, Nasution melanjutkan ke Hollands Inlandsche Kweekschool di Bukittinggi dan kemudian dilanjutkan ke Bandung.Pada tahun 1940 Nasution memasuki pendidikan militer pada Corps Opleiding Reserve Offocieren (CORO).

Setelah kemerdekaan, Nasution bergabung dengan TKR. Sejak itulah banyak posisi yang diemban Nasution seperti Kepala Staf Komandemen TKR Jawa Barat, Komando Divisi III, Panglima Divisi Siliwangi, Wakil Panglima Besar Aingkatan Perang, Panglima Tentara dan Teritorial Djawa. Nasution merupakan salah satu dari sasaran peristiwa G-30-S/PKI. Beliau berhasil meloloskan diri dalam peristiwa itu, namun anaknya Ade Irma Suryani Nasution meninggal.

Pada masa orde baru Nasution pernah menjabat sebagai ketua MPRS. Pada waktu memasuki usia pensiun tahun1972, pangkat beliau naik menjadi Jenderal Besar TNI. Nasution meninggal pada tanggal 5 September 2000 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Oleh pemerintah, Nasution dianugerahi gelar Pahlawan Nasional melalui SK Presiden No. 073/TK/2002.

Itulah biografi dari Pahlawan Abdul Haris Nsution. Sobat juga bisa membaca tokoh pahlawan yang memperjuangkan dan mempertahankan keutuhan negara selain Abdul Haris Nasution. Selamat belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *