Cara Reproduksi atau Replikasi (Perkembangbiakan) Virus pada Sel Inang

Proses Lengkap Cara Reproduksi atau Replikasi (Perkembangbiakan) Virus pada Sel Inang Materi Biologi Kelas 10 (X) SMA dan MA ~ Virus memiliki cara berkembang biak yang unik (litik dan lisogenik) dan berbeda dengan makluk hidup lainnya yaitu dengan kemampuan memperbanyak diri (reproduksi). Hal inilah yang membuat Virus dianggap bukan termasuk makluk hidup. Meskipun begitu, proses reproduksi virus tidak bisa dilakukan dalam sel yang sudah mati dan hanya bisa dilakukan pada jaringan yang masih hidup. mengapa demikian?

Sel yang sudah mati tidak mampu melakukan proses penerjemahan materi genetik yang hanya dapat dilakukan oleh sel-sel hidup saja. Penerjemahan materi genetik sendiri berfungsi untuk menerjemahkan materi genatik virus (DNA atau RNA) yang sudah disuntikkan ke dalam sel target bertujuan untuk memperbanyak diri dan menghasilkan bagian-bagian tubuh virus baru.

cara reproduksi virus pada sel inang

Perlu diketahui, virus tidak bisa hidup mandiri dan akan menggantungkan sel lain (yang masih hidup) untuk menjadi sel inang agar bisa mereplika dirinya sendiri. Ketika virus sudah bereproduksi dalam sel-sel hidup, terjadi proses lisis atau sel tersebut pecah karena aktivitas virus baru yang telah terbentuk. Virus-virus yang memperbanyak diri ini akan menyebabkan timbulnya beragam penyakit dalam tubuh tumbuhan, hewan, dan manusia.

Cara Reproduksi Virus pada Sel Inang

Dilansir dari berbagai sumber, cara reproduksi virus pada sel inang terbagi menjadi 2 macam, yaitu melalui siklus litik dan lisogenik. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap reproduksi yang terjadi pada bakteriofag ( virus yang menyerang bakteri dan memperbanyak diri di dalam sel bakteri ). Silahkan disimak dan semoga bermanfaat.

Siklus Litik

Melalui siklus litik, virus akan menyebabkan sel tersebut lisis dan memperbanyak diri dalam sel inang. Simak beberapa fase siklus litik dibawah ini.

  1. Fase Adsorbsi : Virus akan menempel pada bakteri atau reseptor khusus pada sel inang denggan mengunakan serat ekornya.
  2. Fase Penetrasi : Virus akan melarutkan dinding sel bakteri melalui enzim tertentu sehingga terbentuk lubang. Virus akan memasukkan DNA-nya ke dalam sel bakteri melalui lubang yang sudah terbentuk tersebut.
  3. Fase Sintesis : DNA virus akan menghandle (mengatur) metabolisme bakteri untuk menghasilkan bagian-bagian virus baru seperti ekor, serat ekor, kapsid dan DNA.
  4. Fase Perakitan/Pematangan : Bagian-bagian virus baru tersebut akan disatukan untuk menghasilkan virus baru yang utuh dan siap keluar dari dalam sel.
  5. Fase Lisis : Virus baru yang terbentuk akan menghancurkan dinding sel bakteri melalui enzim pencerna dan keluar dari dinding untuk menginfeksi bakteri lain yang berada di dekatnya.

Siklus Lisogenik

Siklus lisogenik biasanya tidak mematikan sel, sedangkan siklus litik virus biasanya akan langsung mematikan sel. Virus-virus yang bereproduksi secara lisogenik disebut virus temperat, sedangkan yang melewati siklus litik disebut virus virulen. Melalui siklus lisogenik, sel inang yang membelah materi genetik virus akan ikut mengganda karena materi genetik sel inang menyatu dengan materi genetik virus. Simak beberapa fase siklus lisogenik dibawah ini.

  1. Fase Adsorbsi : Virus menempel pada bakteri.
  2. Fase Penetrasi : Virus memasukkan DNA ke dalam sel bakteri.
  3. Fase Penyisipan : DNA virus akan menyatu dengan DNA bakteri namun tidak aktif atau yang disebut dengan istilah profage.
  4. Fase Penggandaan : Profage akan ikut tergandakan ketika bakteri menggandakan diri sehingga bakteri-bakteri anak juga mengandung profage tersebut.
  5. Fase Pemisahan : Profage akan memisahkan diri dari DNA bakteri jika keadaan lingkungan mendukung untuk melakukan sintesis bagian virus baru
  6. Virus akan memasuki siklus litik.

Itulah Proses Lengkap Cara Reproduksi atau Replikasi (Perkembangbiakan) Virus pada Sel Inang Materi Biologi Kelas 10 (X) SMA dan MA yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Untuk mendapatkan informasi seputar virus dan materi biologi lainnya ikuti terus website ini ya.

Klik (X) untuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×