Fakta dan Opini Dalam Iklan

Halo sobat, kali ini saya mau membahas tentang fakta dan opini dalam sebuah iklan, baik itu berupa contoh, perbedaan, ataupun pengertian fakta dan opini dalam iklan itu sendiri. Dalam sebuah iklan baik itu berupa iklan baris, atau pun jenis iklan lainnya sudah pasti terdapat fakta dan opini didalamnya. Agar kalian dapat membedakan fakta dan opini dalam sebuah iklan, maka kalian harus menyimak penjelasannya dibawah ini.

membedakan fakta dan opini iklan

Perbedaan Fakta dan Opini Iklan

Fakta dan opini merupakan suatu hal yang berbeda. Fakta dalam sebuah iklan biasanya dipakai agar para pendengar ataupun pembaca dapat mengetahui jenis ataupun keadaan dan kondisi barang yang ditawarkan, sedangkan opini dipakai agar banyak orang tertarik dengan iklan tersebut.
1. Fakta
Fakta adalah sesuatu yang kenyataannya memang benar-benar ada dan benar terjadi. Misalnya saja ketika sebuah iklan shampoo yang mengatakan didalamnya terkandung urang aring dan aloe vera itu merupakan sebuah fakta karena memang kenyataannya memang benar-benar dan dapat dibuktikan kebenarannya.
2. Opini
Opini adalah sebuah pendapat atau hasil pemikiran seseorang yang memang belum tentu pemikiran atau pendapat itu sama dengan orang lain dan bisa saja ada sebuah perbedaan opini ataupun pendapat. Misalnya saja ketika dalam sebuah iklan lowongan pekerjaan yang mengatakan bahwa gaji nya memuaskan, tapi gaji tersebut dengan nominal yang belum tentu memuaskan juga bagi orang lain. Jadi jika dapat menimbulkan sebuah pendapat yang berbeda maka itu dapat dikatakan sebagai opini.

Contoh Fakta dan Opini Iklan

Coba kalian perhatikan contoh iklan shampoo yang mengandung fakta dan opini. Kita akan membedakan yang mana fakta dan mana opini.
Fakta:
Mengandung urang aring dan ekstrak ginseng yang membuat rambut anda bersih berkilau.
Kalimat bercetak miring diatas termasuk kedalam fakta karena shampoo tersebut memang benar mangandung urang aring dan ekstrak ginseng yang dapat membuat rambut menjadi lebih bersih dan juga tampak berkilau.
Opini:
Membuat anda tampil lebih percaya diri dan membuat rambut berkilau seperti berlian.

Kalimat diatas merupakan sebuah opini karena kepercayaan diri setiap orang itu berbeda tergantung kepada orang yang memakainya. Dan untuk kalimat rambut berkilau tampak seperti berlian juga merupakan sebuah opini karena itu hanya sebuah pendapat dari orang mengemukakan opini dan tersebut dan bisa menimbulkan pendapat yang berbeda.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply