Hasil-Hasil Kebudayaan Mesir Kuno yang Pernah Ada

Mesir merupakan salah satu negara yang memiliki peradaban kuno dengan waktu yang sangat lama dan memiliki peninggalan – peninggalan yang bermacam. Berbicara mengenai peradaban, Mesir merupakan negara dengan peradaban yang paling maju sepanjang sejarah peradaban. Sejarah mesir kuno sendiri memang begitu menakjubkan dan menghasilkan beberapa kebudayaan. Simak selengkapnya untuk mengetahui mengapa peradaban Mesir menjadi yang paling maju sepanjang sejarah dan apa hasil-hasil kebudayaan pada budaya mesir kuno.

Peninggalan yang telah dihasilkan sejak zaman Mesir Kuno masih tertinggal hingga sekarang. Benda – benda maupun bentuk peninggalan lainnya telah ditemukan oleh para arkeolog dan peneliti – peneliti Mesir maupun peneliti dari mancanegara. Ingin tahu lebih jelas peninggalan peradaban mesir kuno ? Informasi berikutnya membahas mengenai hasil-hasil kebudayaan pada budaya mesir kuno.

Hasil-Hasil Kebudayaan Pada Budaya Mesir Kuno

Mesir memiliki hasil kebudayaan yang beraneka macam, mulai dari tulisan, seni bangunan ataupun arsitekur, serta dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikut ini akan kami bahas dari segi bangunan atau arsitektur mesir kuno.

Peninggalan Mesir Kuno Berupa Piramida

Piramida merupakan sebuah bangunan yang berbentuk kerucut dan memiliki tingkatan yang terbuat dari batu yang besar. Piramida ini digunakan sebagai makan para raja mesir kuno atau biasa disebut dengan firaun. Salah satu piramida yang paling terkenal adalah Piramida Agung Giza yang menjadi makan bagi firaun khufu. Bangunan peninggalan sejarah mesir kuno ini masih ada hingga sekarang.

Peninggalan Mesir Kuno Berupa Sphinx

peninggalan mesir kuno sphinx

Sphinx merupakan bangunan dengan bentuk patung yang menyerupai badan singa dan kepala manusia. Sphinx merupakan lambang kekuasaan dan pemerintahan dari penguasa mesir yaitu raja yang dimakamkan pada piramida tersebut. Kepala sphinx menunjukkan lambang dari kebijaksanaan dan badannya sebagai lambang kekuatan.

Peninggalan Mesir Kuno Berupa Hieroglyph

Peninggalan Mesir Kuno Berupa Hieroglyph

Hieroglif ini merupakan sebutan dari tulisan yang ada pada zaman mesir kuno. Dengan peradabannya yang telah mengenal tulisan ini disebabkan karena hubungannya dengan bangsa Sumeria yang lebih maju. Tulisan dari hieroglif ini berupa aksara.

Peninggalan Mesir Kuno Berupa Mastaba

peninggalan mesir kuno mastaba

Mastaba merupakan bangunan yang menyerupai piramida, yang membedakan hanya saja bagian – bagian dari mastaba ini belum sempurna. Dengan bentuk awal yang berasal dari piramida. Fungsi dari mastaba ini juga digunakan sebagai makam oleh para raja.

Peninggalan Mesir Kuno Berupa Obeliskpeninggalan mesir kuno obelisk

 

Obeliks merupakan susunan dari beberapa tugu yang saling berjajar di bagian depan bangunan kuil. Fungsi dari obeliks ini digunakan sebagai lambang pemujaan kepada para dewa, dan juga digunakan sebagai media untuk mencatat kejadian ataupun peristiwa yang dianggap penting.

Peninggalan Mesir Kuno Berupa Kuil

kuil mesir

Kuil pada zaman mesir kuno dibagi menjadi dua, yaitu kuil dewa dan kuil makam. Kuil dewa ini berfungsi sebagai pemujaan dewa, sedangkan untuk kuil makam digunakan sebagai tempat pemujaan dan tempat pemakaman.

Peninggalan Mesir Kuno Berupa Makam

makam mesir kuno

Makam pada zaman mesir kuno digunakan sebagai tempat pemakamam raja mesir yang telah meninggal dan makam ini diletakkan di dalam piramida. Makam ini terdiri dari serambi dan tiang – tiang yang isinya berupa patung. Makam ini sebagai peninggalan mesir kuno terbaru ditemukan.

Peninggalan Mesir Kuno Berupa Arca

arca mesir kuno

Arca ini digunakan sebagai benda simbolis yang hakekatnya dipakai untuk disembah dan diagungkan. Segala sesuatu yang berbentuk kepercayaan mesir kuno akan kehidupan rakyat mesir kuno dikaitkan dengan arca ini.

Ulasan singkat di atas membahas mengenai hasil-hasil kebudayaan pada budaya mesir kuno. Perlu diketahui bahwa mesir memiliki banyak peninggalan kebudayaan kuno yang masih ada hingga sekarang, dengan ciri khas dan filosofinya yang kuat membuat mesir menjadi suatu kerajaan yang dipandang akan peninggalan kebudayaan kunonya. Semoga artikel diatas bermanfaat !