Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir

Halo sobat kali saya akan memberikan materi agama hikmah beriman kepada hari akhir. Sebagai seorang muslim yang baik, kita wajib beriman kepada hari akhir karena percaya kepada hari akhir atau hari kiamat merupakan rukun iman yang ke lima. Beriman kepada hari akhir sangat besar hikmahnya.

hikmah beriman kepada hari akhir
Hari akhir merupakan hari perhitungan amal yang telah dilakukan selama hidup di dunia. Selanjutnya, amal tersebut akan dibalas dengan balasan yang sesuai. Amal baik akan mendapat balasan baik dan begitupun dengan amal buruk akan mendapatkan balasan amal buruk. Karena itulah kita harus senantiasa untuk selalu berbuat baik agar mendapatkan balasan amal baik di hari akhir nanti.

Hikmah Beriman kepada Hari Akhir
1. Kita menyadari bahwa hidup di dunia tidak kekal. Segala isi dunia ini akan rusak binasa. Oleh karena itu, kita tidak boleh hanya mementingkan dunia. Kita harus mempersiapkan kehidupan di akhirat. Dengan demikian, ada keseimbangan antara kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
2. Hidup di dunia ini seperti musafir yang menuju ke suatu tempat. Dunia ini bukan tujuan akhir. Untuk itu, kita tidak boleh terperdaya dengan kehidupan di dunia karena kehidupan di dunia ini hanya sementara, dan kehidupan yang sebenarnya adalah di hari akhir nanti.
3. Dunia adalah fana, sedangkan akhirat adalah kekal. Kita harus mempersiapkan bekal sebanyak-banyaknya untuk hidup kekal di akhirat. Bekal untuk hidup di akhirat adalah ibadah dan amal shaleh.
4. Kehidupan di akhirat adalah hidup yang kekal abadi dan jauh lebih baik daripada kehidupan serta kenikmatan dunia. Kita harus memperbanyak amal shaleh dan menjauhi segala larangan Allah Swt. Dengan demikian, kita tidak akan menyesal dan tidak rugi.
5. Segala amal perbuatan yang kita lakukan di dunia akan dibalas Allah Swt. Kita harus berhati-hati hidup di dunia ini sehingga akan selamat, baik di dunia maupun di akhirat.
Diatas adalah 5 hikmah beriman kepada hari akhir yang semoga dengan kita mengetahui semua hikmahnya, kita bisa menjadi orang yang beriman kepada hari akhir agar hidup kita senantiasa teratur dan selalu taat terhadap semua aturan Allah Swt. Selamat Belajar.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply