Jenis Manusia Purba Pada Kehidupan Masa Praaksara Yang Ada di Indonesia

Manusia purba yang hidup di masa praaksara ternyata banyak jenisnya. Penasaran ? Ketahui selengkapnya di Jenis manusia purba masa praaksaraManusia purba merupakan salah satu jenis manusia yang hidup di masa lampau atau biasa disebut dengan masa prasejarah atau masa praaksara. Mengenai peninggalan manusia pada masa tersebut telah ditemukan beberapa fosil atau sisa dari kerangka manusia pura yang telah membatu yang dikumpulkan oleh para peneliti maupun arkeolog profesional. Perkembangan jenis manusia purba zaman praaksara sendiri cukup cepat. Lalu apa saja Jenis manusia purba masa praaksara ? Anda akan mengetahuinya setelah membaca ulasan selanjutnya.

manusia purba jaman praaksara

Manusia purba hidup secara nomaden atau berpindah – pindah dari satu tempat menuju ke tempat lain dengan kehidupan yang masing sangat bergantung pada kondisi alam. Untuk itu dilakukan penelitian guna mengetahui jenis – jenis manusia purba apa saja yang telah ada sejak masa praaksara. Bahkan terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa salah satu dari jenis manusia purba ini merupakan nenek moyang dari bangsa Indonesia. Simak informasi lengkapnya mengenai Jenis manusia purba masa praaksara.

Jenis Manusia Purba Yang Pernah Hidup Pada Masa Praaksara

Berikut ini merupakan beberapa jenis manusia purba masa praaksara yang telah ada sejak zaman dahulu kala. Dari berbagai macam penelitian yang bermacam – macam terkait manusia purba ini , dapat disimpulkan dengan bukti penemuan fosil dengan pengelompokkan kepada 3 jenis manusia purba. Berikut jenis jenis manusia praaksara beserta penjelasannya :

Jenis Manusia Purba Meganthropus Paleojavanicus

paleojavanicus

Manusia purba jenis ini merupakan manusia purba dengan bentuk yang raksasa. Makanan dari  manusia purba Meganthropus Paleojavanicus diperkirakan memakan tumbuh – tumbuhan dan hidup dari zaman Pleistosen awal. Berikut merupakan ciri umum manusia pra aksara dari Meganthropus Paleojavanicus :

  • Memakan jenis tumbuh – tumbuhan
  • Lebih mirip dengan kera karena tidak memiliki dagu
  • Di belakang kepala memiliki tonjolan yang tajam
  • Mempunyai tulang pipi tebal dengan tonjolan kening yang mencolok
  • Otot kunyah, gigi, dan rahang yang besar dan kuat yang dimilikinya
  • Postur tubuh yang tegap

Jenis Manusia Purba Pithecanthropus Erectus

pithecanthropus erectus

Pithecanthropus Erectus ini merupakan jenis manusia purba yang fosilnya paling banyak ditemukan di Indonesia. Jenis Pithecanthropus Erectus ini memiliki arti yaitu manusia dengan bentuk menyerupai kera yang berjalan dengan tegak. Fosil yang ditemukan dari manusia purba jenis ini yaitu tulang rahang atas, tulang kaki, dan juga tengkorak, dan ditemukan pada masa Pleistosen tengah.

Jenis Manusia Purba Homo Sapiens

homo sapiens

Manusia purba jenis ini terkenal akan jenis manusia yang sempurna. Dengan ciri – cirinya yaitu bentuk muka yang lebar, bentuk dari hidung, dahi dan mulut yang menonjol, serta bentuk fisik yang dimiliki oleh Homo Sapiens ini tidak berbeda jauh dari bentuk manusia yang sekarang. Kehidupan manusia purba Jenis homo ini masih hidup secara nomaden atau berpindah – pindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Untuk jenis homo ini diperkirakan sebagai nenek moyang dari bangsa Indonesia.

Demikian pembahasan mengenai Jenis manusia purba masa praaksara yang ada di Indonesia. Dengan berbagai macam jenis dan cirinya masing – masing, manusia purba ini telah ditemukan oleh peneliti diberbagai wilayah yang diperkirakan sebagai tempat untuk hidup dari manusia purba ini sendiri. Semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan dari Anda semua.

No Responses