Kehidupan Manusia Purba Berdasarkan Perkembangan Zaman

Artikel ini akan mengulas lengkap mengenai manusia purba berdasarkan zaman yang dapat menambah wawasan serta pengetahaun Anda lebih dalam tentang sejarah peradaban manusiaZaman prasejarah merupakan zaman dimana segala bentuk perilaku manusia pertama kali muncul dan dicatat dalam sejarah yang kemudian diikuti. Secara umum, zaman prasejarah di negara Indonesia terdiri dari 2 aspek berdasarkan bahan pembuatan alatnya yaitu zaman batu dan zaman besi, dan aspek yang kedua berdasarkan kemampuan masyarakatnya yaitu masa berburu dan mengumpulkan makanan dan masa bercocok tanam dan beternak. Simak selengkapnya mengenai manusia purba berdasarkan zaman.

Pada zaman yang sudah ditetapkan dalam sejarah, zaman purba yang menjadi sejarah peradaban dari kehidupan manusia mulai dari perilaku yang pertama dan ditirukan dengan perilaku selanjutnya yang telah memiliki akal. Ulasan mengenai manusia purba berdasarkan zaman berikut ini akan membahas secara lengkap sebagai pengetahuan Anda.

Kehidupan manusia purba berdasarkan zaman

Manusia Purba Berdasarkan Zaman

Berikut ini merupakan beberapa zaman prasejarah manusia purba dimana perkembangan manusia purba dalam masa kehidupannya :

Zaman Palaeolitikum

Zaman ini disebut juga sebagai zaman batu tua. Dimana pada zaman ini ditandai dengan penggunaan perkakas yang berbentuk sederhana bahkan cenderung primitif. Mengenai ciri – ciri kehidupan manusia di zaman ini yaitu dengan hidup secara berkelompok dan mengandalkan makanan yang berasal dari alam dengan cara dikumpulkan dari hasil berburu. Hal ini yang menyebabkan konsep nomaden atau berpindah – pindah tempat dari satu tempat ke yang lainnya diterapkan. Jenis manusia pruba yang hidup yaitu jenis pithecanthropus erectus, dan robustus, lalu meganthropus paleojavanicus, serta berbagai jenis homo soloensis, dan homo wajakensis.

Zaman Mesolitikum

Untuk zaman mesolitikum ini disebut juga dengan zaman batu tengah. Pada zaman ini konsep food gathering atau mengumpulkan makanan ditingkatkan lebih lanjut. Dengan konsep yang sama dengan zaman palaeolitikum yaitu dengan mengumpulkan makanan dari cara berburu ini manusia purba dapat bertahan hidup. Manusia purba yang hidup pada zaman ini diperkirakan dari bangsa melanesoid yang menyerupai nenek moyang dari orang – orang papua, sakai, aeta, dan aborigin.

Zaman Neolitikum

Zaman batu muda ini memiliki perkembangan yang sangat pesat dari cara yang tadinya food gathering menjadi food producing atau dengan cara bercocok tanam dan memelihara hewan ternak. Lalu pada zaman ini juga manusia sudah tidak lagi nomaden dan mulai menetap di rumah panggung yang digunakan untuk menghindari diri dari binatang buas. Serta manusia purba sudah mulai membuat lumbung – lumbung padi sebagai persediaan padi dan gabah.

Zaman Megalitikum

Zaman megalitikum ini telah ditemukannya peralatan yang terbuat dari batu besar. Di zaman ini juga manusia mulai mengenal suatu kepercayaan dengan wujud animisme atau memercayai roh nenek moyang yang mendiami benda – benda seperti batu, pohon, senjata tajam, dan kepercayaan dinamisme atau kepercayaan dalam bentuk memercayai segalanya memiliki kekuatan yang dapat memperngaruhi keberhasilan dan kegagalan kehidupan manusia. Namun, perkiraan manusia pada zaman ini menganut kepercayaan rohaniah atau bentuk kepercayaan dengan cara memperlakukan orang meninggal dengan sangat baik sebagai bentuk penghormatan.

Zaman Perunggu

Zaman yang terakhir yaitu zaman perunggu atau dapat dikatakan bahwa zaman ini manusia mulai banyak menggunakan alat – alat berbahan perunggu. Di zaman ini juga manusia mulai pandai melebur perunggu, maka dari itu zaman ini disebut sebagai zaman perunggu.

Ulasan di atas memuat pengelompokkan Manusia purba berdasarkan zaman. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai referensi bagi Anda dalam menambah wawasan serta pengetahuan.

Klik (X) untuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×