Kotak Tisu dari Kertas Bekas (Cara Membuat, Alat, dan Bahan Kotak Tisu dari Koran)

Halo sobat semua, pada kesempatan ini admin akan memberikan kalian bagaimana cara membuat kotak tisu dari kertas bekas. Dalam artikel kesenian dan kerajian ini tentu saja kita membutuhkan daftar alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kotak tisu dari kertas bekas, oleh karena itu nantinya akan admin berikan apa saja alat dan bahan untuk membuat kotak tisu dari kertas bekas dan bagaimana cara membuatnya.

Kotak tisu dari kertas ini merupakan salah satu pemanfaatan bahan limbah yang sudah tidak terpakai agar dapat terpakai kembali sehingga menjadi lebih bermanfaat. Kertas bekas sering kali kita jumpai di hehidupan sehari-hari. Contoh saja dari kertas bekas yang sering kita jumpai adalah koran bekas yang memang sudah lama dan beritanya sudah ketinggalan. Jadi sangat sayang sekali kalau kertas tersebut kita buang, dan lebih baik kita gunakan untuk membuat kerajinan atau karya yang lebih bermanfaat.

Nah sepertinya masih belum banyak yang tau kalau kertas bekas itu bisa kita pakai sebagai kotak tisu, kalau kalian penasaran bagaimana cara membuat dan juga alat dan bahan apa saja yang diperlukan silahkan simak materi nya sebagai berikut/

Bahan untuk Membuat Kotak Tisu dari Kertas Bekas

Berikut adalah bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kotak tisu dari kertas bekas (bahan limbah).

cara membuat kotak tisu dari kertas bekas
alat dan bahan untuk membuat kotak tisu dari kertas bekas

  1. Karton.
  2. Kardus, usahakan kardus bekas sepatu atau yang bentuknya mendekati/mirip.
  3. Kertas koran/majalah (bekas) secukupnya.

Alat untuk Membut Kotak Tisu dari Kertas Bekas

Berikut akan saya jelaskan alat yang harus dipersiapkan jika ingin membuat kotak tisu dari kertas bekas. Harap bedakan alat dengan bahan. Alat berbeda dengan bahan, jika bahan bisa habis digunakan maka alat adalah sesuatu yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu yang tidak akan habis.
  1. Gunting.
  2. Penggaris.
  3. Pensil.
  4. Double Tape.
  5. Lakban.

Cara Membuat Kotak Tisu dari Kertas Bekas

Tahap 1: Membuat gulungan kertas.

  1. Potong kertas koran bekas menjadi dua bagian lalu gulung kertas tersebut sehingga menjadi bentuk seperti tongkat. Buatlah gulungan kertas ini sebanyak yang dibutuhkan. Usahakan gulungan memiliki besar yang sama dan gulungan tersebut rajin. Agar gulungan kertas tidak terlepas atau membuka kemabali, pada akhir gulungan kertas dikunci dengan menggunakan double tape.
  2. Potong gulungan kertas sesuai dengan panjang, lebar,dan tinggi kotak sepatu yang ada.
membuat kotak tisu dari kertas bekas
Tahap 2: Menempelkan gulungan kertas. 

  1. Untuk bagian atas kotak tisu yang akan kita buat, buatlah lobang sesuai dengan ukuran tisu yang akan kita masukan. Ukurlah menggunakan penggaris panjang dan lebar yang akan dibuat lobang tersebut. Potonglah bagian yang tidak digunakan tersebut menggunakan gunting (kardus sepatu berlobang bagian atasnya).
  2. Pasanglah double tape pada masing-masing ujung kotak sepatu, agar lebih kuat bagian tengah juga diberi dauble tape (ada tiga double tape untuk tiap sisi kotak sepatu).
  3. Tempelkan gulungan kertas  yang sudah dipotong sesuai dengan ukuranya satu persatu dan usahan gulungan kertas tertata dengan rapi. Ikatlah bagian pinggir gulungan kertas yang sudah tertata tersebut dengan menggunakan lakban. Pemasangan lakban juga harus rapi agar kotak tisu yang kita buat nantinya juga rapi.
  4. Tutuplah semua bagian kotak sepatu tersebut dengan menggunakan gulungan kertas, sehingga semua bagian kotak sepatu tersebut tertutup oleh gulungan kertas. Rapikan dengan menempelkan lakban pada ujung masing-masing sisi kotak sepatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *