Manfaat Virus Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Virus Bagi Kehidupan Manusia ~ Kita mengetahui bahwa virus merupakan hewan mikro yang dimana tidak ada gunanya dan sangat tak bermanfaat bagi kebutuhan hidup manusia, ternyata kita salah dalam menaggapinya. Ternyata dari keburukan virus masih ada sisi manfaatnya, bahkan sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Kali ini saya akan menjelaskan dan memaparkan beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari yang namanya virus. Langsung aja untuk penjelasannya, silahkan simak baik-baik :

Manfaat Virus Bagi Kehidupan Manusia
  • Virus kali ini dapat digunakan untuk menghasilkan interferon yang dimana merupakan senyawa yang digunakan untuk mencegah replikasi virus dalam sel inang.
  • Virus kali ini juga digunakan untuk pembuatan vaksin berbagai jenis mikroba penyebab penyakit pada manusia seperti: sabin dan vaksin Salk untuk mencegah vaksin pasteur penyakit polio untuk mencegah rabies.
  • Virus kali ini juga dapat digunakan sebagai antibakteri karena dapat menghancurkan bakteri yang mengganggu produk makanan yang diawetkan, misalnya dalam pengawetan tahu dan tempe.
  • Virus kali ini juga dapat digunakan sebagai bahan untuk insulin. Misalnya, virus penyebab kanker dapat dicangkokkan bersama-sama dengan gen yang memproduksi insulin ke dalam bakteri atau zat lain sehingga bakteri dapat berkembang biak dengan cepat dan secara bersamaan memproduksi insulin, atau zat lain.
  • Beberapa virus juga dapat digunakan untuk re-kombinasi genetika. Melalui terapi gen, inveksi menyebabkan gen yang terkandung dalam virus dapat berubah menjadi gen baik (gen Penyembuh).
  • Berguna sebagai antibodi virus dalam serum darah sebagai sekresi selaput lendir yang membantu tubuh menghancurkan zat-zat asing seperti virus (virus terhadap virus).
  • Virus juga berguna sebagai sistem model untuk mempelajari peristiwa yang mengontrol informasi genetik, karena virus kali ini sebenarnya potongan-potongan informasi genetik yang berbeda dari informasi genetik sel.
Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat virus bagi kehidupan dan kebutuhan hidup manusia. Semoga apa yang telah saya sampaikan tadi bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah wawasan kita tentang virus dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *