Pahlawan Slamet Riyadi

Pahlawan Slamet Riyadi – Oke sobat kali ini kita kita akan membahas tokoh pahlawan kita yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia yaitu Slamet Riyadi. Slamet riyadi adalah salah satu tokoh pahlawan yang memang cukup terkenal.

pahlawan slamet riyadi
pahlawan slamet riyadi

Slmaet Riyadi lahir pada tanggal 26 Juli 1927 di Solo, Jawa Tengah. Ayahnya seorang perwira Legiun Kasunanan Surakarta. Setelah menyelesaikan pendidikan di HIS (1940), beliau melanjutkan ke MULO kemudian Sekolah Pelayaran Tinggi dan mendapat ijazah Navigasi Laut dengan peringkat pertama.

Dalam kemiliteran, Slamet Riyadi diangkat sebagai Komandan Batalion Resimen I Divisi X dengan tugas merebut kekuasaan politik dan militer di kota Solo dari tangan Jepang. Pada waktu berlangsung agresi militer Belanda, Slamet Riyadi melakukan perlawanan dengan cara gerilya. Taktik yang dilakukan Slamet Riyadi tersebut membuat Belanda kewalahan.

Setelah perang kemerdekaan, Slamet Riyadi terlibat dalam penumpasan berbagai pemberontakan seperti PKI di Madiun, APRA di Jawa Barat, pemberontakan Andi Azis di Makassar, dan pemberontakn RMS di Maluku. Atas jasanya, pemerintah menaikkan pangkatnya menjadi Brigadir Jenderal TNI Anumerta dan dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden No. 066/TK/2007.

Sobat itulah sejarah Slamet Riyadi yang merupakan tokoh dan pahlawan besar bagi bangsa Indonesia, Selain itu, sobat juga bisa membaca tokoh yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada Masa 1948-1965. Selamat belajar

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply