Pembagian Zaman Berdasarkan Arkeologi Lengkap

Jika Anda sedang mencari bacaan mengenai Pembagian zaman berdasarkan arkeologi. Artikel ini akan mencoba menjelaskannya untuk Anda. Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan – kehidupam masa lampau melalui benda – benda yang berupa artefak. Lalu tujuan dari pembagian pembagian zaman berdasarkan arkeologi ini dimaksudkan agar dapat mengetahui umur dari manusia purba yang diperoleh dari peninggalan – peninggalan benda purbakala. Benda – benda tersebut dapat berupa peralatan rumah tangga, arca, beberapa coretan di gua, dan dari fosil purba. Zaman sejarah perlu di pelajari untuk memperhatikan kondisi pada masa tersebut.

Peralatan – peralatan yang ada dan telah ditemukan dalam bentuk fosil, pada zaman dahulu digunakan oleh manusia purba untuk memenuhi segala kebutuhan dan keperluannya baik dalam hal mencari makanan dan mengolahnya sedemikian rupa agar dapat dimakan dengan menggunakan peralatan yang terbuat dari batu maupun benda alam lainnya yang keras dan dapat digunakan sebagai peralatan rumah tangga seperti kayu dan tulang. Pembagian zaman berdasarkan arkeologi akan dibahas setelah ini. Simak terus artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Pembagian Zaman Berdasarkan Arkeologi

Pembahasan Lengkap Pembagian Zaman Berdasarkan Arkeologi

Berikut ini merupakan pembagian zaman yang didasari dari ilmu arkeologi. Diantaranya yaitu ada zaman palaeolithikum, zaman mezolithikum,  zaman neolithikum, zaman megalithikum, dan zaman logam.

Zaman Palaeolithikum

Zaman ini diartikan sebagai zaman batu tua. Pada zaman ini penggunaan dari peralatan rumah tangga yang bentuknya sangat sederhana dan lebih kepada primitif. Dengan sebagian besar alat – alat tersebut dibuat dari batu untuk membantu manusia dalam kehidupannya. Contoh alat yang tercipta di zaman ini adalah kapak genggam. Ciri – ciri kehidupan di zaman ini yang diberlakukan oleh manusia adalah dengan cara hidup berkelompok dan melakukan food gathering atau cara mengumpulkan makanan yang berasal dari alam serta berburu. Hal tersebut yang menyebabkan manusia purba hidupnya selalu berpindah – pindah tempatnya atau biasa disebut nomaden.

Zaman Mezolithikum

Pada zaman ini disebut juga dengan zaman batu tengah dimana food gathering menjadi tahap tingkat lanjut. Hasil peninggalan manusia purba pada zaman ini lebih menyerupai alat – alat kesenian yang ditemukan di gua dan beberapa coretan yang menghiasi dinding gua. Bangsa melanesoide merupakan bangsa yang berdiri pada zaman ini dan mereka adalah nenek moyang dari orang – orang papua, semang, sakai, aeta, dan suku aborigin. Mengenai pemenuhan makanan, pada zaman ini tidak berbeda dengan zaman sebelumnya yaitu denga cara membutu dan menangkap ikan.

Zaman Neolithikum

Zaman ini diartikan sebagai tahun zaman batu muda. Dimana perkembangan pesar dialami dari segi mereka dalam memperoleh makanan yang tadinya dengan food gathering menjadi food producting atau biasa dikenal denga memperoleh makanan dari cara bercocok tanam dan berternak. Lalu pada zaman ini juga manusia purba sudah mengentikan nomaden dan mulai menetap di rumah panggung yang digunakan dengan tujuan sebagai bentuk menghindari bahaya dari serangan hewan – hewan buas.

Zaman Megalithikum

Zaman ini biasa diartikan sebagai zaman batu besar. Pada zaman ini juga manusia mulai mengenal kepercayaan animisme dan dinamisme. Kepercayaan merupakan hasil zaman megalithikum yang ada sampai sekarang. Animisme merupakan sebuah kepercayaan yang diletakkan kepada roh dari leluhur yang mendiami benda. Sedangkan untuk dinamisme merupakan sebuah kepercayaan akan segala sesuatunya memiliki kekuatan yang dapat mempengaruhi kehidupan manusia mengenai berhasil dan gagal.

Zaman Logam

Pada zaman ini peralatan sudah dapat dibuat dari bahan logam karena munculnya manusia yang terampil dalam melakukan pembuatan alat dari logam. Pada zaman logam manusia mulai mengenal bagaimana cara melebur, mencetak, menempa, dan menuang.

Demikian ulasan mengenai Pembagian zaman berdasarkan arkeologi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Klik (X) untuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×