Pembagian Zaman Praaksara Beserta Penjelasannya

Jika Anda sedang mencari bacaan mengenai Pembagian zaman praaksara. Artikel ini akan mencoba menjelaskannya untuk Anda. Sebelum memasuki pembahasan mengenai pembagian zaman praaksara, Anda diperlukan untuk mengerti terlebih dahulu tentang definisi atau pengertian dari zaman praaksara itu sendiri. Jadi, zaman atau masa praksara merupakan suatu zaman dimana kehidupan manusia sebelum mengenal adanya tulisan. Karena aksara di sini berarti tulisan dan pra yang artinya sebelum. Inilah yang membedakan antara zaman praaksara dan zaman sejarah. Zaman sejarah adalah zaman dimana kehidupan manusia setelah mengenal tulisan.

Berbicara mengenai waktu berakhirnya zaman praaksara ini untuk setiap bangsa memiliki waktu yang berbeda – beda, tergantung kepada peradaban yang ada di bangsa tersebut. Tingkat kemampuan dan perkembangan dari tiap makhluk hidup yang ada di zaman itu dapat berkembang sesuai dengan pembagian waktu yang ada. Penjelasan berikutnya akan menjelaskan tentang pembagian zaman praaksara yang dapat menambah ilmu pengetahuan Anda.

pembagian zaman praaksara dan penjelasannya

Pembagian Zaman Praaksara Secara Lengkap

Pembagian zaman pada praaksara dibagi menjadi 4 zaman, diantara keempat zaman tersebut adalah zaman arkaeozoikum, zaman palaeozoikum, zaman mesozoikum, dan zaman neozoikum. Berikut ini merupakan penjelasan yang dapat Anda simak mengenai masing – masing dari pembagian zaman praaksara dan ciri cirinya.

Zaman Arkaeozoikum

Zaman ini biasa disebut juga dengan zaman tua. Dikarenakan pada zaman ini merupakan zaman yang paling tua yang sudah berlangsung kurang lebih sudah 2.500 juta tahun. Di zaman ini belum ada yang namanya kehidupan karena suhu panas yang menyelimuti kulit bumi menjadikannya pada zaman ini tidak memungkinkan untuk terjadinya sebuah kehidupan. Kehidupan mulai muncul pada akhir – akhir zaman arkaeozoikum.

Zaman Palaeozoikum

Zaman ini biasa disebut dengan zaman primer. Pada zaman ini mulai terdapat kehidupan yang ditandai dengan adanya bermacam jenis binatang yang paling kecil dan tidak memiliki tulang belakang. Setelah itu muncul jenis ikan yang bermula dari jenis amfibi dan jenis reptil.

Zaman Mesozoikum

Zaman mesozoikum disebut juga dengan zaman sekunder. Untuk kehidupan di zaman ini sudah berkembang dengan pesat dari segi jenis ikan, beberapa amfibi dan jumlah reptilnya. Dari ketiga jenis tersebut, reptil yang memiliki tingkat perkembangan yang besar, yaitu ada jenis reptil raksasa yang berukuran sangat besar. Untuk bukti – bukti mengenai kehadiran hewan – hewan tersebut sudah terdapat fosil yang membuktikannya. Selain hewan raksasa tersebut, pada zaman ini juga muncul beberapa jenis burung dan binatang yang menyusui.

Zaman Neozoikum

Zaman yang terakhir yaitu zaman neozoikum. Zaman ini terbagi menjadi 2 macam yaitu zaman tersier dan kuarter. Untuk zaman tersier sudah mulai menunjukkan perkembangan pesar dari binatang yang menyusui, namun jenis – jenis reptil menjadi berkurang, beberapa jenis kera juga mulai berkembang. Lalu untuk zaman kuarter mulai ada tanda – tanda kehidupan manusia. Di zaman ini terbagi menjadi 2 zaman yaitu zaman peistosen atau biasa disebut juga dengan zaman es dan zaman holosen. Zaman holosen merupakan bentuk yang lebih sempurna dari zaman pleistosen. Dengan tumbuhnya berbagai jenis flora dan fauna, dan mulainya peradaban manusia.

Penjelasan di atas membahas tentang Pembagian zaman praaksara. Dengan bacaan tersebut diharapkan Anda dapat menambah wawasan serta pengetahuan mengenai hal tersebut supaya mengerti awal mula dari peradaban manusia yang terus berkembang hingga pada saat ini. Setelah zaman pra aksara tentu terdapat zaman aksara yang memberikan banyak perkembangan. Semoga artikel ini bermanfaat !

Klik (X) untuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspage ×