Pengertian Afiliasi dan Contohnya

Halo sobat, pada kesempatan ini admin akan memberikan penjelasan yang lengkap mengenai apa itu afiliasi dimulai dari pengertian afiliasi dan contohnya. Untuk pengertiannya pun akan dikategorikan dengan kategori umum, psikologi, pasar modal, pemasaran, dan juga pengertian afiliasi dalam perusahaan yang akan admin berikan beserta contohnya.

Pengertian Afiliasi

Pengertian Afiliasi adalah hubungan atau ikatan sebagai anggota atau cabang. Dua individu atau lebih yang memiliki hubungan dan keterikatan dikarenakan adanya rasa saling membutuhkan untuk mencapai tujuan, maka itu dapat dikatakan sebagai afiliasi.

pengertian afiliasi dan contohnya

Pengertian Afiliasi dalam Pasar Modal adalah hubungan/keterikatan antara dua individu/kelompok atau lebih antara:

  • Antara perusahaan dengan berbagai pihak (secara langsung maupun tidak langsung) untuk mengontrol perusahaan.
  • Antara pemegang saham dengan perusahaan
  • Dua perusahaan yang dikontrol oleh pihak yang sama, baik secara langsung ataupun tidak langsung
  • Hubungan antara sesama pegawai perusahaan ataupun dengan direktur/komisaris karena adanya ikatan keluarga keturunan dan perkawinan, baik secara horizontal ataupun vertikal.

Pengertian Afiliasi dalam Psikologi yaitu kebutuhan setiap individu untuk saling memiliki hubungan dengan individu lain beserta lingkungannya demi memenuhi kebutuhan setiap individu.

Pengertian Afiliasi Pemasaran atau yang sering dikenal dengan Affiliate Marketing adalah memasarkan dan menjual produk dari suatu perusahaan pemilik produk (affiliate merchant) dengan syarat kita harus sudah bergabung terlebih dahulu dengan perusahaan tersebut sebagai affiliate marketer. Tetapi sayangnya seorang affiliate marketer hanya akan mendapatkan bayaran ketika mereka menjual produk dari affiliate merchant.

Pada zaman sekarang ini biasanya afiliasi pemasaran sudah mulai bisa dilakukan secara online tanpa harus bertemu. Contohnya adalah anggap saya adalah pemilik produk “Keripik Pedas X” dengan berbagai rasa. Dikarenakan kurangnya biaya untuk promosi, maka saya akan melakukan kerjasama dengan pihak lain agar produk keripik saya dapat memiliki pasar yang lebih luas. Kemudian saya menjual produk saya kepada pihak lain sebagai merchant, pihak lain tersebut tentu akan memasarkan produk kripik saya dengan daya jangkaunya masing-masing. Karena kita kripik terjual, saya dan pihak lain tersebut akan sama-sama mendapatkan untung.

Pengertian Afiliasi dalam Perusahaan adalah adanya satu atau lebih perusahaan yang ada didalam satu sistem perusahaan induk, perusahaan tersebut biasa kita sebut dengan anak perusahaan.

Adapun syarat agar perusahaan dapat dikatakan sebagai perusahaan afiliasi (Affiliated Company) adalah jika :

  • Direktur suatu perusahaan, juga menjabat sebagai direktur di lain perusahaan
  • Adanya pihak perusahaan yang dapat memberhentikan direktur perusahaan lain
  • Salahsatu pihak dari perusahaan yang berafiliasi, dapat mengendalikan perusahaan lainnya.
  • Direktur suatu perusahaan memiliki ikatan keluarga dengan direktur perusahaan lain