Pengetahuan Dasar Materi Matriks

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang pengetahuan dasar materi matriks. Banyak sekali kali ini yang kita bahas seputar matriks seperti pengertian matriks, perkalian matriks, macam macam atau jenis matriks, invers matriks, determinan matriks dan juga contoh soal dari operasi matriks.

Matriks ini menurut saya merupakan salahsatu materi dari matematika yang dalam operasi pengerjaan tidak terlalu sulit sehingga akan cukup mudah untuk mempelajari bab matriks ini. Yah walaupun mungkin saya agak sedikit susah dalam pengetikan materi matriks ini, tapi tak apa karena berbagi ilmu itu adalah sebuah kebaikan. Oke langsung tanpa basa basi lagi kita bahas materi seputar matriks.

matriks
matriks
Pengertian Matriks
Pengertian dari matriks adalah susuna bilangan-bilangan yang berbentuk persegi panjang ataupun persegi yang diatur menurut baris dan kolom. Tapi selain itu juga ada yang menyebutkan bahwa pengertian dari matriks adalah susunan bilangan-bilangan yang terdiri dari baris dan kolom. Sobat bisa ambil salah satu karena menurut saya keduanya juga benar.
Pemberian Nama dan Notasi Matriks
Pemberian nama sebuah matriks itu harus menggunakan huruf kapital. Misalnya matriks A, matriks B, matriks C, dan seterusnya. Adapun notasi dari matriks ada dua yaitu seperti tampak pada gambar dibawah.

notasi matriks
notasi matriks
Jenis jenis Matriks
Matriks seperti yang telah kita pelajari yaitu terdapat tiga jenis, yaitu :
1. Matriks baris, yaitu matriks yang banyaknya baris lebih sedikit dari banyaknya kolom.
2. Matriks kolom, yaitu matriks yang banyaknya baris lebih dari banyaknya kolom, dan
2. Matriks persegi, yaitu matriks yang banyaknya baris sama dengan banyaknya kolom.
Untuk contoh dari jenis jenis matriks bisa dilihat digambar dibawah ini.
jenis jenis matriks
jenis jenis matriks
Matriks Identitas
Matriks identitas atau juga yang sering disingakat ‘I’ adalah matriks persegi yang semua elemennya nol, kecuali pada diagonal utama.
Tranpos Matriks
Tranpos matriks A ditulis AAtau Al

tranpose matriks
tranpos matriks
Selain itu, pada perkalian tranpos matriks berlaku rumus sebagai berikut Am.n maka Aln.m.

Determinan Matriks
Determinan matriks A, maka akan ditulis det A. Determinan matriks ini hanya akan ada pada jenis matriks persegi dan tidak akan ada pada jenis matriks lainnya. Jika anda menemukan soal matriks berordo 1, maka hasilnya adalah angka itu sendiri.
Sedangkan jika anda menemukan soal matriks berordo dua, maka cara pengerjaannya adalah det A = ad – bc

Menentukan Minor Matriks ordo 2
Minor matriks sering disingat M. Misalnya kita menemukan soal dengan matriks A = (a=1. b=3, c=-2, dan d=5) maka cara penyelesaiannya adalah sebagai berikut.
M1×1 = 5
M1×2 = -2
M2×1 = 3
M2×2 = 1
Maka M = ( a=5. b=3, c=-2, dan d=1 )

Menentukan Cofaktor Matriks ordo 2
Cofaktor matriks sering juga disingakat dengan C. Jika kita memiliki soal matriks yang sama seperti pada minor matriks diatas, maka cara untuk menyelesaikan soal cofaktor matriks adalah sebagai berikut.
C1×1 = (-1)2(5) = 5
C1×2 = (-1)3(-2) = 2
C2×1 = (-1)4(3) = -3
C2×2 = (-1)5(1) = 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *