Percobaan Pengaruh Faktor Luar terhadap Pertumbuhan Tumbuhan

Halo sobat, setelah sebelumnya kita membahas materi faktor internal dan eksternal pertumbuhan pada tumbuhan, kali ini kita akan mencoba mengulas materi untuk merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. 

Pernahkah anda melakukan percobaan pertumbuhan pada tumbuhan? Cobalah anda melakukan percobaan pertumbuhan pada tumbuhan dengan merencanakan percobaan pertumbuhan pada tumbuhan terlebih dahulu. Bagaimanakah cara merencanakan percobaan pertumbuhan pada tumbuhan? Apa sajakah tahapan dalam merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan pada tumbuhan?

Tahapan dalam melakukan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan yaitu sebagai berikut.

  1. Mengumpuulkan informasi tentang faktor-faktor luar yang dapat memengaruhi pertumbuhan informasi tersebut dapat diperoleh dengan cara mencari literatur di perpustakaan.
  2. Merumuskan masalah. Ciri-ciri suatu rumusan masalah yang baik antara lain dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya, isinya padat dan jelas, serta dapat memberi petunjuk tentang kemungkinan mengumpulkan data guna menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkandung dalam rumusan masalah.
  3. Membuat hipotesis. Hipotesis merupakan suatu dugaan yang merupakan jawaban sementara terhadap suatu rumusan masalah sebelum dibuktikan kebenarannya.
  4. Merancang percobaan. Rancangan percobaan meliputi menetapkan variabel penelitian, alat dan bahan, cara kerja, dan bentuk format tabel data. Di samping itu, penting pula menetapkan waktu dan tempat percobaan. Ada tiga macam variabel penelitian yaitu variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol. Untuk lebih jelasnya mengenai variabel penelitian bisa dilihat disini.
Dalam melakukan percobaan, kita harus dapat menguji kebenaran dari hipotesis yang dibuat. Bagaimana tahapan/langkah-langkah dalam melakukan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan pada tumbuhan?
  1. Meyiapkan bahan dan perlakuan.
  2. Memberikan perlakuan dan mengukur hasil perlakuan.
  3. Mencatat kondisi lingkungan.
  4. Mengumpulkan dan menganalisis data dalam bentuk tabel dan grafik.
Setelah melakukan percobaan, supaya orang lain mengetahui percobaan yang telah kita lakukan maka kita perlu mengomunikasikan hasil percobaan kita. Bagaiman cara mengomunikasikan hasil percobaan yang telah kita buat?
Cara mengomunikasikan hasil percobaan yaitu dengan membuat laporan percobaan atau biasa disebut dengan laporan penelitian ilmiah. Berikut contoh format laporan penelitian ilmiah.
1. Bagian Depan
Bagian depan ini terdiri dari halaman judul, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar ilustrasi dan abstrak.
2. Bagian Isi

  1. Pendahuluan, berisi uraian singkat tentang latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian.
  2. Tinjauan pustaka, berisi tentang teori dan hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan penelitian tersebut, serta berisi rumusan hipotesis.
  3. Metode penelitian, berisi tentang alat dan bahan, tempat dan waktu penelitian, serta cara kerja.
  4. Hasil dan pembahasan, berisi tentang data-data yang diperoleh, uji hipotesis, dan pembahasan.
  5. Kesimpulan dan saran, berisi tentang kesimpulan dan saran dari penelitian yang dilakukan dan harus mengacu pada tujuan penelitian.
  6. Daftar pustaka, berisi semua literatur yang dipakai sebagai rujukan.
  7. Lampiran, menyajikan tabel-tabel dan informasi pendukung lainnya.
Setelah melihat cara membuat makalah percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan dapa tumbuhan, sobat bisa melihat juga contoh makalah pertumbuhan pada tumbuhan kacang hijau dan jagung yang telah saya buat bersama kelompok.

0 Replies to “Percobaan Pengaruh Faktor Luar terhadap Pertumbuhan Tumbuhan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *