Pertanyaan Jawaban Penurunan Titik Beku

Kali ini saya akan berbagi pertanyaan dan juga jawaban materi kimia yaitu penurunan titik beku. Sebelumnya juga saya telah menulis materi penurunan titik beku larutan dan pertanyaan mengenai materi penurunan titik beku ini saya dapatkan setelah membaca penurunan titik beku larutan tersebut.
Oke langsung saja mari kita simak dan pahami pertanyaan dan jawaban penurunan titik beku berikut.

soal pertanyaan penurunan titik beku
soal pertanyaan penurunan titik beku

Soal
1. Mengapa larutan titik bekunya lebih rendah dibandingkan pelarutnya?
2. Apa yang membedakan titik beku larutan dan titik beku plarut murni?
3. Mengapa sifat koligatif larutan yaitu penurunan titik beku dipengaruhi oleh jumlah partikelnya bukan ole jenis partikelnya?
4. Apa hubungan penurunan titik beku dengan kemolalan?
5. Apakah pelarut murni itu hanya air saja?
6. Apa yang dimaksud dengan tetapan titik beku molal?

Jawaban
1. Karena titik beku larutan lebih rendah daripada titik pelarut murni. Hal ini disebabkan karena zat pelarutnya harus membeku terlebih dahulu, baru zat terlarutnya. Jadi, larutan akan membeku lebih lama daripada pelarutnya. Setiap larutan juga memiliki titik beku yang berbeda.

2. Perbedaan antara titik beku larutan dengan titik beku pelarut murni adalah suhu pada saat pelarut murni membeku (0˚C) disebut titi beku pelarut (T˚f) sedangkan titik beku larutan lebih tinggi yaitu dibawah 0˚C. Maka terdapat selisih antara titik beku pelarut dengan titik beku larutan yang disebut penurunan titik beku larutan.

3. Karena sifat koligatif larutan hanya ditentukan oleh banyaknya partikel zat tertentu, harga sifat koligatif makin besar, salahsatu kegunaan sifat koligatif larutan adalah untuk menentukan massa molekul relatif (Mr) suatu zat. Jadi pada larutan yang berbeda jenisnya tetapi memiliki jumlah partikel sama akan memiliki sifat koligatif yang sama pula.

4. Menurut hukum backman dan rault bahwa penurunan titik beku dan kenaikan titik didih berbanding langsung dengan molalitas yang terlarut di dalamnya. Penurunan titik beku adalah hasil kali molalitas larutandan tetapan penurunan titik beku molal.

5. Larutan murni itu bukan hanya air saja, tetapi juga ada larutan murni lainnya yaitu seperti hekana, benzena, toluena, dietileter, kloroform, etil asetat, dioksana, THF, DCM, asetona dan masih banyak lainnya.

6. Yang dimaksud dengan tetapan penurunan titik beku molal adalah nilai penurunan titik beku jika konsentrasi larutan sebesar 1 molal.

Reply