Pertanyaan Umum Titik Didih Larutan

Titik didih larutan merupakan materi kimia yang saya pelajari di kelas XII SMA. Kali ini saya akan membagikan tugas membuat pertanyaan mengenai materi titik didih larutan. Berikut mari kita simak pertanyaan yang telah dihasilkan dari materi titik didih larutan.

kenaikan titik didih larutan
kenaikan titik didih larutan

Pertanyaan

  1. Apa yang dimaksud titik didih larutan?
  2. Bagaimana cara menghitung kenaikan titik didih larutan?
  3. Bagaimana proses terjadinya pendidihan?
  4. Bagaimana hubungan titik didih cairan dengan titik didih uap?
  5. Bagaiman suatu zat cair dikatakan mendidih?
  6. Bagaimana kedudukan titik didih larutan?
Jawaban
  1. Titik didih larutan adalah suhu pada saat tekanan uap jenuh suatu larutan sama dengan tekanan atmosfer di lingkungan sekitar.
  2. Kenaikan titik didih larutan adalah selisih antara titik didihi larutan dengan titik didih pelarut.
  3. Pendidihan terjadi karena panas meningkatkan gerakan/energi kinetik dari molekul yang menyebabkan cairan berada pada titik dimana cairan itu menguap, tidak peduli berada di permukaan teratas atau terdalam cairan tersebut.
  4. Apabila sebuah larutan mempunyai tekanan uap yang tinggi pada suhu tertentu, maka molekul-molekul dalam larutan tersebut tidak dapat dengan mudah melepaskan diri dari larutan.
  5. Suatu zat cair dikatakan mendidih jika tekanan uapnya sama dengan tekanan atmosfer (tekanan udara luar) diatas permukaan cairan.
  6. Titik didih larutan selalu lebih tinggi dari titik didih pelarut murninya. Hal ini disebabkan karena adanya partikel-partikel zat terlarut dalam suatu larutan yang menghalangi peristiwa penguapan partikel-partikel pelarut.
Sobat itulah pertanyaan umum sekaligu jawaban yang sering sekali muncul pada materi titik didih larutan.Sekian dulu dari saya, selamat belajar.

0 Replies to “Pertanyaan Umum Titik Didih Larutan”

  1. Artikelnya bagus untuk pemula yang ingin mengetahui tentang titik didih secara singkat, namun alangkah lebih baik jika dimuat pula faktor-faktor yang turut andil dalam mempengaruhi titik didih larutan seperti tekanan, suhu, waktu, dan partikel dalam larutan.

    Webnya mantep dan keren, cukup lengkap pelajaran yang dimuat dalam web ini. Semangat terus buat ngetik materi pelajaran lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *