TEKS REKAMAN PERCOBAAN (Pengertian, Struktur, Unsur Kebahasaan, dan Contoh Teks Rekaman Percobaan)

Halo sobat semua kali ini kita akan membahas Teks Rekaman Percobaan. Nah adapun yang akan kita bahas kali bukan hanya seputar pengertian Teks Rekaman Percabaan, tapi juga akan kita bahas lebih mendalam lagi yaitu mengenai struktur teks, unsur kebahasaan, dan juga contoh teks rekaman percobaan. Baiklah langsung saja mari kita simak materi bahasa indonesia tersebut dibawah ini.

Pengertian Teks Rekaman Percobaan
Teks Rekaman Percobaan adalah teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh penulis, biasanya teks seperti ini di pakai untuk melakukan percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum.

Struktur Teks Rekaman Percobaan
Struktur teks itu merupakan bagian-bagian yang menjadi bangunan teks rekaman percobaan. Struktur dalam teks tersebut terdiri atas empat bagian, yaitu:

  1. Tujuan serta alat dan bahan
  2. Langkah-langkah
  3. Hasil
  4. Simpulan
Sebenarnya struktur teks rekaman percobaan ini hampir sama dengan teks prosedur, hanya saja perbedaan antara kedua teks tersebut adalah pada teks prosedur tidak terdapat hasil dan simpulan yang ada pada teks rekaman percobaan tersebut.
Unsur Kebahasaan Teks Rekaman Percobaan
Unsur kebahasaan atau ciri kebahasaan dalam teks rekaman percobaan hampir serupa dengan unsur kebahasaan dalam teks prosedur. Jika kamu masih ingat, unsur-unsur kebahasaan dalam teks prosedur, antara lain sinonim, antonim, dan kata bilangan. Begitu pula dengan teks rekaman percobaan, terdapat penggunaan kata bilangan atau numeralia.

Contoh Teks Rekaman Percobaan
Berikut akan saya berikan contoh teks rekaman percobaan beserta struktur nya agar sobat semua bisa lebih memahami contoh teks rekaman percobaan tersebut dengan lebih mudah.
Percobaan Membuat Teleskop Sederhana
Tujuan serta alat dan bahan
Supaya dapat mengamati benda-benda di langit, dibutuhkan alat canggih yang disebut dengan teleskop. Teleskop merupakan sebuah teropong besar yang digunakan di dalam astronomi. Ilmu ini mempelajari benda-benda di langit. Astronomi tidak bisa berkembang dengan baik karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahal dan berteknologi tinggi. Padahal, teleskop sederhana dapat dibuat dan pengamatan sederhana pun dapat juga dilakukan.
Untuk membuat teleskop sederhana, diperlukan bahan dan alat berikut:
  1. Lensa objektif LUP (kaca pembesar)/lensa cembung praktikum (biasa dijual di toko alat laboratorium) bisa membeli dengan diameter 5 cm.
  2. Pipa PVC dan perlup (sambungan pipa) dengan panjang kira-kira 30 cm.
  3. Perkakas seperti gergaji kecil dan lem perekat.
  4. Lensa okuler (bisa menggunakan lensa binokuler atau lensa mikroskop) / bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan diameter 2,5 cm.
Langkah-langkah
Adapun cara pembuatan teleskop adalah sebagai berikut.
  1. Tentukan panjang badan teleskop dahulu. Dengan rumus fisika yang sudah kita ketahui yaitu : fob + fok = L.
  2. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui.
  3. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak didepan lensa okuler.pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
  4. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
  5. Letakan lensa okuler di perlup nya.
Hasil
Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana sudah dapat digunakan untuk mengamati benda-benda langit, seperti kawah bulan ataupun planet-planet terdekat. Teleskop sederhana dan murah ini dapat kamu gunakan untuk mengamati benda-benda yang jaraknya cukup jauh. 
Simpulan
Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang canggih dan mahal. Kamu cukup menggunakan benda-benda yang mudah didapatkan. Sebelum melakukan pengamatan, ada baiknya kamu melihat waktu terbit dan tenggelam serta arah objek yang akan diamati.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply