Tokoh yang Berjuang Mempertahankan Keutuhan Negara dan Bangsa Indonesia pada Masa 1948-1965

Oke sobat pada kali ini saya akan memberikan materi Tokoh yang Berjuang Mempertahankan Keutuhan Negara dan Bangsa Indonesia pada Masa 1948-1965. Materi tersebut merupakan materi sejarah yang akan kita pelajari di kelas XII. Ada banyak sekali tokoh pahlawan yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1948-1965.

Tokoh yang Berjuang Mempertahankan Keutuhan Negara dan Bangsa Indonesia pada Masa 1948-1965

Perhatikan gambar di atas. Tahukah anda, siapa nama pahlawan tersebut dan bagaimana perannya terhadap perjuangan mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia? Tahukah anda, apa yang dimaksud dengan pahlawan? Menurut KBBI pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani. Gambar kanan adalah Jenderal Anumerta Ahmad Yani yang menjadi salah satu korban G-30-S/PKI.

Adapun gambar kiri adalah Laksamana Anumerta Yos Sudarso yang meninggal dalam pertempuran di laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962 dalam rangka membebaskan Irian Barat (sekarang Papua) dari Belanda. Dapatkah anda menyebutkan tokoh/pahlawan yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia? Berikut akan kita pelajari bersama.

  1. Abdul Haris Nasution.
  2. Ahmad Yani.
  3. Slamet Riyadi.
  4. Donald Izacus Panjaitan.
  5. Katamso.
  6. Suprapto.
  7. Siswondo Parman.
  8. Sutoyo Siswomiharjo.
  9. Yos Sudarso.
  10. Pierre Andreas Tendean.
Sobat itulah 10 tokoh yang berjuang mempertahankan keutuhan negara dan bangsa indonesia pada Masa 1948-1965. Jika sobat ingin mempelajari lebih lanjut mengenai tokoh tertentu, sobat bisa langsung klik nama tokoh atau nama pahlawan yang ada diatas.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply